Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Sampoerna Gandeng 940 Usaha Ritel Maju Bersama

11 Februari 2019, 19: 28: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SAMPOERNA FOR RADAR KUDUS

MAJUKAN UKM: Bupati Pati Haryanto membeli produk di salah satu stan ritel saat gebyar Karnival Rakyat SRC di halaman gedung Bakorwil Pati baru-baru ini. (SAMPOERNA FOR RADAR KUDUS)

PATI – Sejumlah kegiatan pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) sedang digalakkan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) dalam semangat #AyoUKMIndonesia. Pada 1 Desember 2018 lalu di gedung Bakorwil Pati, bersama komunitas ritel binaannya, Sampoerna Retail Community (SRC), digelar kegiatan ”Karnival Rakyat SRC”. Tujuannya, untuk meningkatkan geliat bisnis para pelaku UKM di Karesidenan Pati.

”Agar lebih memberdayakan para mitra UKM kami, untuk kali kedua kami mengadakan gebyar Karnival SRC di Karesidenan Pati. Selain para peritel tradisional, ajang ini juga turut mengajak serta mitra wirausaha binaan UKM Kabupaten Pati. Tujuannya, menggali lebih dalam potensi seluruh pelaku UKM dalam mendorong roda perekonomian di tingkat daerah. Terutama di Kabupaten Pati dan sekitarnya,” ujar Manager Regional Retail Engagement Java-3 Mokhamad Rizky Alfariedy.

Beragam aktivitas dilakukan bersama dengan lebih dari 940 SRC se-Karesidenan Pati. Mereka diharapkan bisa lebih menumbuhkan daya saing, kemandirian, serta kualitasnya. Kegiatan tersebut antara lain, mencakup kegiatan kewirausahaan yang mengangkat berbagai topik menarik, seperti manajemen toko, komputerisasi, pengembangan bisnis toko, tampilan produk dan kemasan, hingga pelatihan produksi roti dan snack rumahan sebagai sarana perluasan bisnis para pelaku UKM.

Dia menjelaskan, ini sebagai inisiatif Sampoerna dalam memajukan perekonomian lokal dan nasional melalui kegiatan pemberdayaan UKM, khususnya di Kabupaten Pati. ”Kegiatan ini mendapatkan tanggapan hangat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati,” jelasnya.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, untuk mengembangkan potensi pelaku UKM di Pati, pemkab masih membutuhkan kolaborasi dari sektor swasta. Terutama dalam hal expertise mereka di bidang ritel.

Sinergi ini penting, agar Pemkab Pati dapat menerapkan best practice dalam melaksanakan pembinaan atau pendampingan. Dengan wawasan yang semakin terbuka, nantinya para pelaku UKM dapat menjadi lebih progresif dalam melakukan penyesuaian yang terbaik bagi bisnis mereka. ”Harapannya, target Pemkab Pati dengan program daerah yang mendukung UKM dapat tercapai dengan baik,” ujarnya.

Mokhamad Rizky Alfariedy menambahkan, ini sebagai langkah awal sebuah sinergi antara pihak swasta dengan pemkab. Sehingga perlu didukung bersama. ”UKM yang kuat akan menopang ekonomi kita, agar semakin tangguh. Pada akhirnya mampu bertahan dalam berbagai kondisi. Sampoerna berharap, perhelatan gebyar Karnival SRC ini, dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan penyemangat bagi para mitra UKM kami di Pati dan sekitarnya,” imbuhnya. (lin)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia