Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Angkat Potensi Wisata, 100 Offroader Ramaikan Event Adventure Explore

11 Februari 2019, 15: 00: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

MENANTANG: Salah satu sesi offroader ketika melewati rintangan dalam event Adventure Explore Rembang (AER) pada Sabtu, (9/2) lalu.

MENANTANG: Salah satu sesi offroader ketika melewati rintangan dalam event Adventure Explore Rembang (AER) pada Sabtu, (9/2) lalu. (HUMAS SEMEN GRESIK FOR RADAR KUDUS)

SALE - Sekitar 100 offroader dari sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur meramaikan event Adventure Explore Rembang (AER) yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-5 PT Semen Gresik (SG), Sabtu (9/2). Selain mengkampanyekan gerakan peduli mata air dan konservasi lingkungan, event ini juga diharapkan mampu mengangkat potensi wisata alam di Kota Garam.

Offroader yang ajang ini berasal dari Rembang, Kudus, Cepu, Blora, Tuban, Gresik dan Bojonegoro. Selain itu, jajaran Forkompinda Rembang seperti Bupati H Abdul Hafidz; Wabup Bayu Andriyanto; Kapolres AKBP Pungky Bhuana Santoso; Dandim 0720/Rembang Letkol Arh Andi Budi Sulistianto; juga turut menyemarakkan event AER.

Dilepas Bupati Rembang H Abdul Hafidz, rombongan bertolak dari halaman Gedung CCR Pabrik Semen Gresik Desa Kajar, Kecamatan Gunem , menuju  kawasan Wana Wisata Sumber Semen yang ada di Desa Gading, Kecamatan Sale, Rembang. Rute yang ditempuh sejauh 30 kilometer.  

Offroader disuguhi beragam  pemandangan  menarik. Mulai dari hijaunya areal pertanian, kawasan  tambang batu  kapur, hutan jati, tebing kapur, dengan latar belakang pegunungan kapur yang dari kejauhan tampak seperti permadani hijau raksasa.

Selain rute fun tersebut, offroader juga ditantang menjajal agility track. Adrenalin dan nyali mereka dipacu merasakan berbagai sensasi yang ada di rute menantang ini. Mulai dari halang lintang, jalur bergelombang, kubangan, tikungan bubur hingga tanjakan cinta. Jejalah alam dengan mengendarai jeep ini lantas menuju kawasan Wana Wisata Sumber Semen.

PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin mengatakan Semen Gresik terus berkomitmen ikut menjaga kelestarian lingkungan beserta keanekaragaman hayati. Event AER ini merupakan salah satu sarana agar berbagai elemen bisa melihat secara langsung komitmen perusahaan persemenan terkemuka ini.

"Silahkan dilihat secara  langsung karena operasional dan pengelolaan  tambang Semen Gresik memang dikelola secara modern dan ramah lingkungan," kata Saifudin, Sabtu (9/2).

Keanekaragaman hayati di Wana Wisata Sumber Semen  hingga kini masih terjaga dengan baik. Flora maupun faunanya beragam. Selain itu, juga terdapat dua mata air yang airnya tetap mengalir sepanjang tahun. Yakni Sumber Semen dan Sumber Sewu.

Saat berada di kawasan wisata alam itu, peserta AER melakukan aksi peduli konservasi lingkungan. Dirut PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin dan Forkompinda Rembang menanam  beberapa jenis pohon bunga di lokasi yang berada di bawah pengelolan BKSDA Jawa Tengah ini. Selain itu, juga dilakukan secara simbolis penyerahan bantuan trashbien yang tiap unitnya berkapasitas 240 liter kepada perwakilan BKSDA Jateng. Upaya ini untuk menunjang kebersihan dan keasrian Wana Wisata Sumber Semen yang lokasinya berada 140 mdpl.

Salah seorang offroader Baja Mulya Tim yang mewakili Blora Jeep Community, Upyt Marshall mengatakan agenda tersebut bisa juga dikembangkan untuk aktivitas wisata alam lain maupun event offroad kelas nasional. Ke depan, pihaknya berharap AER ini bisa disambungkan dengan kalender kegiatan IOF Cabang Rembang.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia