Selasa, 18 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Digunakan Parkir Truk, Taman Juwana Akhirnya Dipasang Water Barrier

11 Februari 2019, 14: 14: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

JALAN RUSAK: Jalan depan Taman Juwana rusak karena kerap dijadikan parkir. Kini telah dipasang water barier oleh Dishub Pati.

JALAN RUSAK: Jalan depan Taman Juwana rusak karena kerap dijadikan parkir. Kini telah dipasang water barier oleh Dishub Pati. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

JUWANA – Sepuluh water barrier dipasang di depan Taman Juwana. Pemasangan water barrier tersebut karena di depan taman kerap dijadikan lokasi parkir truk dan mobil. Selain merusak bahu jalan, juga menutupi taman yang baru dibangun akhir 2018 lalu dengan anggaran sekitar Rp 450 juta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati Sudarlan melalui Kabid Lalu Lintas Joko Susanto mengatakan, ada sepuluh water barrier dipasang di depan taman yang ada di jembatan masuk Juwana dari arah barat. Menurutnya, pemasangan alat itu sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan jalan.

“Kami telah berkoordinasi dengan Bina Marga DPU, Dishub provinsi, dan Satlantas terkait dengan pemasangan water barrier di depan taman. Pemasangan water barrier kami rasa cocok dengan kondisi jalan di sekitar jembatan masuk Juwana dari arah Pati,” ungkapnya kemarin.

Joko mengaku, sebelumnya dipasang guard rail atau tiang pembatas jalan. Akan tetapi dengan melihat keadaan jalan di sekitar taman, pemasangan guard rail tak sesuai. Sebab badan jalan yang dari arah timur dan keluar jembatan tak sama. Apabila dipasang guard rail, dikawatirkan mengganggu pengguna jalan.

“Kalau dipasang guard rail, dikawatirkan membahayakan bagi pengguna jalan dari timur karena tikungannya juga tajam. Untuk itu solusinya diberikan water barrier saja untuk pengalihan arus dan pembatas itu kelihatan pada malam hari. Sementara ini kami pasang 10 water barrier,” tambahnya.

Joko menambahkan, sebelumnya sudah sebulan melakukan sosialisasi terhadap sopir truk atau mobil yang parkir di depan taman. Penindakan dilakukan petugas Satlantas Polres Pati. Karena masa sosialisasi sudah lewat, maka jika ada sopir yang masih parkir disana, akan ditilang.

“Disana sudah jelas kami pasang rambu-rambu dilarang parkir dan spanduk besar di sebelah timur. Tapi masih saja digunakan parkir truk. Dengan pemasangan water barier ini, harapannya tidak dijadikan parkir lagi,” katanya.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia