Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Punya Potensi Global, Ini Cara Bupati Promosikan Batik Kudus

11 Februari 2019, 14: 05: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

BERPOTENSI INTERNASIONAL: Batik buatan perajin Kudus diyakini mampu berdaya saing secara global.

BERPOTENSI INTERNASIONAL: Batik buatan perajin Kudus diyakini mampu berdaya saing secara global. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA)

 KUDUS – Bupati Kudus Tamzil berupaya meneguhkan kembali bahwa batik Kudus punya warna, motif dan corak tersendiri. Untuk upaya tersebut dia akan membentuk SMK dan pelatihan kerja yang berbasis pada pembuatan batik.

Tamzil mengungkapkan, kedepan dia akan bekerjasama dengan perusahaan di Kudus untuk membentuk SMK batik dan memberdayakan masyarakat Kudus membuat kerajinan batik. Hal itu dirasa sangat penting, karena akan terfokus dan muncul motif yang khas kota Kudus. ”Balai Latihan Kerja, terutama SMK batik harus ada sekolahnya sendiri,” katanya.

Sementara untuk motif yang sekarang beredar di pasaran merupakan tipe kontemporer. Sementara corak heritage seperti, motif kapal kandas dan beras luwur yang banyak diminati konsumen. Nantinya Tamzil akan menggembleng produksi motif batik asli Kudus tersebut.

”Fokus kami ke depan adalah pembuatan motif lama. Itu perlu dikembangkan untuk memperkenalkan batik Kudus,” katanya.

Notty J Mahdi selaku pemerhati Wastra dan Antropolgi Universitas Indonesia yang hadir pada acara Bincang Budaya pada Sabtu (08/02) mengatakan, batik Kudus memiliki potensi yang bagus sampai internasional. Namun kendalanya pengrajin di Kudus sangat minim dan tak mengetahui kondisi pasar.

Notty juga menyarankan Tamzil agar menggandeng desainer yang berada di Jakarta. Karena ouputnya batik Kudus bisa ditampilkan di ajang kelas nasional maupun internasional. Seperti, Jakarta Fashion Week dan Indonesia Fashion Week. Serta mengadakan work shop ke siswa SMK.

”Ini sudah dibuktikan oleh pengrajin batik dari Lasem. Peminatnya sudah sampai Internasional,” katanya. (gal)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia