Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Mahasiswa KKN Upgris Ajak Anak Gosok Gigi Bersama di Sekolah

11 Februari 2019, 12: 27: 42 WIB | editor : Ali Mustofa

BIAR SEHAT: Mahasiswa KKN Upgris di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan memberi edukasi kepada anak-anak usia SD tentang gosok gigi dan cuci tangan.

BIAR SEHAT: Mahasiswa KKN Upgris di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan memberi edukasi kepada anak-anak usia SD tentang gosok gigi dan cuci tangan. (TIM KKN UPGRIS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

TAHUNAN – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (Upgris) menggelar edukasi gosok gigi dan cuci tangan. Kegiatan tersebut diikuti oleh anak usia SD se-Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan. Tujuannya, agar gigi anak yang masih dalam pertumbuhan itu tetap sehat.

Dengan antusias, sekitar 20 anak usia SD itu datang ke halaman Madrasah NU Desa Teluk Awur Minggu (10/2) pagi. Mereka disambut mahasiswa KKN Upgris yang sudah siap memberi edukasi.

Sebelum praktik gosok gigi dan cuci tangan, anak-anak itu terlebih dahulu mendapat materi. Tentang bagaimana gosok gigi dan cuci tangan yang baik. Agar anak-anak tambah semangat, mahasiswa KKN mengajak mereka menyanyikan yel-yel.

Tak lama, mereka kemudian diajak praktik gosok gigi dan cuci tangan. Dengan sikat gigi, pasta gigi, dan sabun yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN. Sambil tetap dipandu oleh mahasiswa KKN.

Rudhy Agustian, Koordinator KKN Upgris di Desa Teluk Awur menjelaskan, edukasi tersebut memang menyasar pada anak-anak usia SD. Karena, gigi anak usia SD rentan sakit dan berlubang. Karena usai mereka cenderung suka dengan makanan manis yang bisa membuat gigi rentan sakit.

”Anak usia SD berada dalam masa pertumbuhan gigi. Ini merupakan alasan kami mengapa mengadakan penyuluhan di tingkat anak usia SD,” jelasnya.

Selain edukasi tersebut, berbagai kegiatan juga digelar oleh mahasiswa KKN Upgris di desa setempat. Di bidang lingkungan, mereka menggelar bersih-bersih pantai dan penanaman toga. Kemudian di bidang pendidikan, menggelar bimbingan belajar. Lalu, di bidang kewirausahaan mereka membuat inovasi nugat tempe dan keripik biji durian.

(ks/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia