Kamis, 27 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Dongkrak Prestasi, SD Masehi Kudus Datangkan Atlet NBA

31 Januari 2019, 09: 15: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

BIBIT POTENSIAL: Tim basket SD Masehi Kudus jadi salah satu pencetak atlet basket yang mampu menorehkan prestasi hingga level nasional.

BIBIT POTENSIAL: Tim basket SD Masehi Kudus jadi salah satu pencetak atlet basket yang mampu menorehkan prestasi hingga level nasional. (SD MASEHI KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS SD Masehi Kudus jadi salah satu sekolah yang beruntung. Atlet NBA asal Filipina bernama Kelvin melatih para pemain basket di sekolah tersebut. Kini, basket jadi salah satu ekstrakurikuler yang jadi andalan di SD Masehi Kudus.

Banyaknya prestasi yang diraih oleh tim basket SD Masehi Kudus, membuat atlet NBA tersebut tertarik untuk datang. Seperti pada 2018, tim basket sekolah tersebut menyabet juara I dalam Piala Dandim Kudus dan juara I Antangin Junior Cup. Prestasi itu tak lepas dari sistem pembibitan yang baik di SD Masehi Kudus.

Kepala SD Masehi Kudus Subekti Kusuma Dewi menjelaskan, sekolahnya jadi lumbung pencetak atlet basket. Atlet basket jebolan SD Masehi Kudus mampu menorehkan beragam prestasi di tingkat kabupaten. Bahkan hingga di level provinsi maupun nasional.

(SD MASEHI KUDUS FOR RADAR KUDUS)

Awalnya, basket bukan ekstrakurikuler unggulan di SD Masehi Kudus. Namun, saat itu banyak siswa sekolah tersebut yang harus les basket di luar sekolah. Dari situlah, pihak sekolah memutuskan membuka kegiatan ekstrakurikuler basket.

”Melihat potensi anak yang rela les basket, akhirnya kami memutuskan membuka ekstra basket,” ungkapnya.

Benar saja, banyak siswa yang kemudian tertarik untuk ikut ekstrakurikuler basket. Bahkan, peminatnya membeludak. Hingga pihak sekolah membagi waktu latihan menjadi dua hari dalam sepekan.

            Mendengar potensi muridnya berprestasi dalam bidang basket, pada Desember 2018 lalu SD Masehi Kudus dikunjungi oleh Kelvin, atlet NBA Junior asal Filipina. Ada beberapa sekolah di Indonesia yang dikunjungi oleh Kelvin. SD Masehi Kudus salah satunya.

Dalam lawatan ke SD Masehi, Kelvin mengajarkan berbagai macam teknik basket. Mulai dari teknik dasar, hingga permainan bola basket. ”Yang jadi spesial, SD Masehi jadi tujuan pertamanya selama tour di Indonesia,” imbuhnya.

            Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Agung Fitrianto menuturkan, SD Masehi Kudus memiliki dua tim basket. Terdiri dari tim pro dan amatir. Hal itu dibedakan karena melihat antusiasme siswanya yang mengikuti ekstrakruiuler bola basket.

Ia membagi kedua tim tersebut menjadi dua sesi latihan. Untuk sesi yang pertama diadakan pada Selasa untuk tim pro. Kemudian di hari berikutnya untuk latihan tim amatir. ”Kami sempat kewalahan melihat banyaknya siswa yang ingin andil mengikuti basket,” ungkapnya. (gal)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia