Kamis, 27 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Sportainment

PBVSI Kudus Gembleng Puluhan Pevoli Muda, Ini Salah Satu Penyebabnya

30 Januari 2019, 10: 18: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SMASH: Atlet voli Diklat PBVSI Kudus berlatih teknik smash di GOR Bung Karno.

SMASH: Atlet voli Diklat PBVSI Kudus berlatih teknik smash di GOR Bung Karno. (VEGA MA’ARIJIL ULA/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Diklat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kudus tengah melakukan pembibitan atlet U-14. Hal ini dilakukan demi mencari atlet muda yang kompeten untuk menggantikan atlet-atlet yang sudah senior.

Dengan rentang usia atlet yang terbilang masih muda, program latihan yang diberikan tentu tidak muluk-muluk. Karena memang harus dimulai dari nol. Latihan masih sebatas ke tekik dasar permainan bola voli.

Pelatih Diklat PBVSI Kudus Edi Purwanto mengatakan, anak asuhnya yang berjumlah 56 putra ini masih sebatas diberi porsi latihan dasar. ”Belum ke daya ledak dan fisik. Karena nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan anak. Kalau digenjot terlalu dini nanti kasihan anak-anak,” terangnya.

Soal teknik dan fisik yang diberikan juga disesuaikan dengan porsi usia atlet yang memang masih muda. Misal untuk endurance porsinya disesuaikan dengan standar pembibitan. Pun dengan teknik dasar passing, smash, dan sebagainya juga masih dalam wilayah normal. Sedangkan untuk postur, Edi menilai postur yang dimiliki anak didiknya dapat dibilang standar. ”Ya memang segini tinggi anak-anak usia SMP. Masih wajar,” sambungnya.

Namun, tidak dapat dipungkiri pula oleh Edi, jadwal sekolah yang sampai sore menjadi kendala anak-anaknya dalam berlatih. ”Kami sebagai pelatih ya memaklumi hal itu. Yang penting anak sudah mau datang latihan saya sudah senang,” imbuhnya. (vga)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia