alexametrics
Rabu, 21 Oct 2020
radarkudus
Home > Features
icon featured
Features
Kolonel Marinir Citro Subono

Lebih Tertantang karena Dilantik saat Banyak Bencana

30 Januari 2019, 08: 03: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

NAIK PANGKAT: Perwira asal Jepara Kolonel Marinir Citro Subono dilantik sebagai komandan Menbanpur 2 Marinir di Surabaya baru-baru ini.

NAIK PANGKAT: Perwira asal Jepara Kolonel Marinir Citro Subono dilantik sebagai komandan Menbanpur 2 Marinir di Surabaya baru-baru ini. (DOK PRIBADI)

Share this      

Salah satu marinir asal Jepara yang berkarir di TNI berhasil menjadi komandan resimen angkatan laut. Dia Kolonel Marinir Citro Subono yang menjabat sebagai Komandan Resimen Bantuan Tempur (Danmen Banpur) 2 menggantikan Kolonel Marinir Arinto Beni Sarana yang menjadi Sahli Koarmada I Jakarta.

M. KHOIRUL ANWAR, Jepara

JABATAN membanggakan disandang Kolonel Marinir Citro Subono. Putra asal Kabupaten Jepara itu, kini menjabat sebagai komandan Resimen Bantuan Tempur 2 TNI Angkatan Laut (AL). Dia sudah mengikuti upacara serah terima jabatan sebagai di Lapangan Apel Sutedi Senaputra Kesatrian Bhumi Marinir, Karang Pilang, Surabaya, pekan lalu.

Sebelum pelepasan dan penyematan Danmen Banpur tanda sertijab, Citro diambil sumpah di hadapan peserta upacara sertijab. Dia juga meneken pakta integritas sebelum menjabat Danmen Banpur. Pria asal Dukuh Randusari, Desa Tahunan, Jepara, membawahi beberapa batalyon. Meliputi Yon Zeni 2 Mar, Yon Bekpal 2 Mar, Yon Angmor 2 Mar, Yon Komlek 2 Mar, Yon Kesehatan 2 Mar, dan Yon Pom 2 Mar.

Laki-laki yang dikenal ramah dan hobi off road ini, mengatakan, jabatan baru yang ia emban sebagai kehormatan yang tidak ternilai. ”Saya diberi amanah menjabat. Jadi Danmen Banpur 2. Pasti siap meningkatkan profesionalisme prajurit petarung. Resimen yang didukung dengan teknologi mutakhir guna mendukung tugas dalam operasi amfibi dan pendaratan,” katanya.

Di samping itu, selain tugas perang, Menbanpur 2 selalu terdepan dan pertama yang kirim dalam penanggulangan bencana. Atas prestasi yang diraihnya, ia merasa bangga menjadi orang Jepara pertama yang menjadi Danmen Banpur 2. ”Bangga bisa menjadi putra Jepara dalam tugas negara yang mulia ini,” imbuhnya.

Menurutnya, Menbanpur 2 Marinir cukup memiliki peran strategis. Tugas pokoknya menyediakan kekuatan untuk melaksanakan tugas bantuan perbekalan, angkutan bermotor, komunikasi, zeni, provos, dan kesehatan. Pasukan ini sering diterjunkan untuk membantu korban bencana. Seperti bencana alam di Palu, Lombok, Banten, dan kecelakaan pesawat terbang belum lama ini.

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Citro Subono sebagai komandan baru. Apalagi jabatan baru ini, dia terima pada masa saat musim hujan dan angin yang biasanya banyak bencana alam. Hal ini, membuat jenderal bintang satu tersebut selalu siaga. Terlebih untuk menyiagakan pasukan agar siap bertugas di medan bencana.

Selain itu, pasukan Menbanpur disiagakan untuk kebutuhan internal organisasi. Yakni, operasi pendaratan amfibi, pertahanan pantai, dan operasi dari satuan tugas TNI-AL lain.

”Untuk itu, kami selalu siagakan satu pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana yang siap berangkat kapan pun jika terjadi bencana," tandas lulusan SMA Negeri 1 Jepara tahun 1993 ini. (*)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya