Selasa, 18 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Hukum & Kriminal

Sempat Kabur, Pelaku Pencurian Akhirnya Menyerah Usai Ditabrak Polisi

19 Januari 2019, 14: 01: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

Sempat Kabur, Pelaku Pencurian Akhirnya Menyerah Usai Ditabrak Polisi

TANGGUNGHARJO –  Dua pelaku pencurian dengan kekerasan berhasil dibekuk oleh anggota Polsek Tanggungharjo. Sempat terjadi kejar-kejaran antara pelaku dengan warga dan polisi. Hingga akhirnya pelarian pelaku terhenti usai kendaraan polisi ditabrakkan ke sepeda motor pelaku.

Kedua pelaku itu diketahui bernama Rusmanto dan Tri Hardiyanto. Keduanya merupakan warga Kecamatan Mranggen, Demak. Awalnya, pelaku yang berboncengan sepeda motor itu sempat berhenti di sebuah warung jajanan di Desa Kapung, Kecamatan Tanggungharjo. Kemudian, salah satu pelaku turun dan memesan es teh sambil menyodorkan uang Rp 2.000.

Saat itu, warung jajanan sedang dijaga oleh Bella Regitawati, anak pemilik warung yang baru pulang dari sekolah. Selanjutnya, Bella memanggil neneknya yang ada di belakang karena ada pembeli. Saat Bella memanggil neneknya itulah, tiba-tiba pelaku tersebut mengambil handphone milik korban yang diletakkan di meja. Usai merampas handphone, pelaku bermaksud kabur bersama temannya yang menunggu di atas motor.

TAK BERKUTIK: Dua pelaku pencurian berhasil diamankan di Mapolsek Tanggungharjo, Grobogan setelah sempat kabur dan terjadi kejar-kejaran dengan warga dan polisi.

TAK BERKUTIK: Dua pelaku pencurian berhasil diamankan di Mapolsek Tanggungharjo, Grobogan setelah sempat kabur dan terjadi kejar-kejaran dengan warga dan polisi. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Melihat kejadian itu, korban berusaha mengejar dan sempat menarik kaos pelaku. Namun, upaya untuk menghambat pelaku kabur tidak berhasil. Setelah tangan korban dipukul oleh pelaku. Korban berteriak maling. Sehingga mengundang perhatian warga setempat. Kemudian, korban dan warga sempat melakukan pengejaran hingga ke perempatan rel kereta api di sebelah barat Mapolsek Tanggungharjo.

Kapolsek Tanggungharjo AKP Darmono mengatakan, beberapa warga menginformasikan kejadian itu ke pihak kepolisian. Polisi bersama warga kemudian melakukan pengejaran. Bahkan saat petugas melakukan pengejaran, kedua tersangka tidak mengindahkan teriakan polisi. Hingga akhirnya petugas menabrak motor tersangka. Dua pelaku itupun berhasil dibekuk.

”Setelah ada laporan masyarakat, anggota kemudian melakukan pengejaran terhadap kedua pelaku yang melarikan diri ke arah barat. Akhirnya, kedua pelaku berhasil dihentikan paksa oleh anggota saat berada di wilayah Desa Wonosekar, Kecamatan Karangawen, Demak,” kata Kapolsek Tanggungharjo AKP Darmono.

Saat dilakukan penggeledahan, anggota menemukan satu unit handphone merek Samsung J2 Prime warna putih dalam keadaan sudah terbuka cassingnya. Kepada polisi, kedua pelaku mengaku telah melakukan pencurian di sebuah warung jajanan di Desa Kapung.

”Kedua pelaku sudah diamankan di mapolsek dan sedang kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kita amankan pula satu sepeda motor Honda CBR, pakaian, helm, dan handphone milik pelaku,” terang dia.

(ks/lid/mun/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia