Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Jadi Destinasi Wisata, Bendungan Logung Dibagi Empat Zona Prioritas

12 Januari 2019, 08: 03: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

BENDUNGAN BARU: Bendungan Logung sudah tergenangi air dan potensial digunakan pengembangan wisata.

BENDUNGAN BARU: Bendungan Logung sudah tergenangi air dan potensial digunakan pengembangan wisata. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Kawasan sekitar bendungan Logung ditetapkan menjadi empat zona untuk pengembangan wisata. Hal ini disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana Zulfan Arief Mustafa dalam rapat koordinasi tentang penataan potensi pariwisata bendungan Logung di Command Center kemarin.

”Kami berniat membantu Pemkab Kudus untuk pengembangan wisata dengan pembagian zonasi tersebut,” katanya saat ditemui usai rapat koordinasi kemarin.

Dijelaskan, zona 1 berada di Desa Kandangmas, Dawe, dengan luasan 12.791 meter persegi. Zona ini nantinya akan terbagi atas zona utama, penunjang, zona parkir, zona waduk, dan jalan desa. Tidak jauh dari tepi waduk terdapat daerah dengan kontur yang cenderung datar. ”Ini cocok untuk area parkir,” katanya.

Untuk zona 2, berada di Desa Rejosari, Dawe, dengan luasan 11.394 meter persegi. View point yang baik ini, dikatakannya cocok untuk zona wisata. Misalnya untuk camping ground. Zona 3 juga mimiliki view point yang baik untuk pengembangan wisata. Untuk zona ini, luas wilayahnya 16.971 meter persegi. ”Akses dapat dikembangkan melalui air dengan menggunakan perahu,” katanya.

Sedangkan untuk zona 4 berada di daratan yang membentuk pulau. Luas wilayahnya mencapai 17.966 meter persegi. Akses jalan yang minim menjadi peluang tersendiri bagi pengembangan wisata. ”Justru itu akan meningkatkan privasi,” imbuhnya.

Pemkab Kudus menyambut baik konsep yang ditawarkan pihak BBWS Pemali Juwana ini. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera merealisasikan pengembangan wisata di sekitar bendungan Logung. Dengan dana sekitar 21,46 miliar yang sudah dipersiapkan, pemkab akan melakukan pembangunan di dua zona wisata prioritas.

”Kami prioritaskan di dua zona dulu. Rencananya, zona wisata prioritas yang akan segera dibuatkan bangunan fisiknya, yakni zona wisata 1 dan 4,” kata Sekda Kudus Sam’ani Intakoris kemarin.

Zona 1 dipilih karena zona tersebut yang paling mudah aksesnya. Sebab, lokasinya berada di dekat dengan pintu masuk utama bendungan Logung. Sementara untuk zona 4, rencananya akan digunakan sebagai wisata perahu, plaza, dan ruang terbuka hijau.

”Untuk yang lain, nanti akan direncanakan secara bertahap. Kami harap wisata ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif masyarakat,” imbuhnya.

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia