Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Cuaca Cerah, Wisatawan di Karimunjawa Akhirnya Bisa Dipulangkan

05 Januari 2019, 07: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

AKHIRNYA PULANG: Ratusan penumpang keluar dari pintu KMP Siginjai kemarin, setelah sebelumnya tertahan di Karimunjawa.

AKHIRNYA PULANG: Ratusan penumpang keluar dari pintu KMP Siginjai kemarin, setelah sebelumnya tertahan di Karimunjawa. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Wisatawan yang sempat tertahan di Karimunjawa mulai kembali ke Pelabuhan Jepara kemarin. Dari ratusan penumpang, salah satu di antaranya harus mendapatkan pertolongan dari tim kesehatan. Satu penumpang itu, dirujuk ke RSUD RA Kartini menggunakan mobil ambulans rumah sakit.

Sebelum kedatangan kapal, mobil sudah stand by setengah jam sebelumnya. Ketika kapal tiba, ratusan penumpang lain keluar dari pintu kapal. Mulai dari sepeda motor, barang, dan mobil bergantian keluar. Setelah mulai sepi, satu penumpang yang belum diketahui identitasnya tersebut dibawa ambulans.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Puskesmas Karimunjawa Dian Susiyanto membenarkan adanya satu penumpang yang dirujuk. ”Ada warga yang membutuhkan rujukan di ke RSUD. Kebetulan kapal baru bisa berangkat. Juga bersamaan dengan membeludaknya wisatawan. Jadi situasi lumayan panik,” katanya.

(M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Seperti diketahui, kemarin sore KMP Siginjai mengangkut sekitar 260 penumpang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar didominasi wisatawan yang sempat tertahan. Sedangkan penumpang lain dari warga Karimunjawa yang menyeberang ke Jepara.

Kedatangan KMP Siginjai dari Karimunjawa sampai Jepara telat satu jam. Pukul 18.00 baru sampai pelabuhan. Jika penyeberangan normal pukul 17.00 sudah sampai.

Sebelumnya, diberitakan sebanyak 279 wisatawan tertahan di Karimunjawa dari akhir tahun 2018 hingga Rabu (2/1). Sebanyak 50 wisatawan di antaranya ikut extra flight Wing’s Air. Sehingga masih ada 229 wisatawan yang tertahan.

Namun setelah dilakukan peninjauan ulang oleh petugas kecamatan bersama biro travel dan wisatawan, didapati masih ada 244 wisatawan yang masih tertahan. Camat Karimunjawa Saptagus Karnanejeng, menjelaskan, wisatawan yang tertahan bisa kembali ke darat kemarin.

Meskipun sebagian ada yang memilih kembali hari ini menggunakan kapal Express Bahari. Sebagian lagi menggunakan KMP Siginjai kemarin. ”Sudah aman. Wisatawan sudah bisa kembali karena cuaca membaik,” tandasnya kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia