Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Terharu saat Penelitian Situs Patiayam Jadi Juara

31 Desember 2018, 16: 58: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

Dwi Antika Sari

Dwi Antika Sari (DOK. PRIBADI)

Share this      

KEGIATAN meneliti sudah diikuti Dwi Antika Sari sejak kelas X. Beberapa kejuaraan diikutinya dengan tim karya tulisnya di sekolah. Terbaru, Dwi, sapaan akrabnya meraih juara pertama lomba penelitian benda cagar budaya yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati 2018.

Siswi kelas XII SMAN I Jakenan, Pati, ini mengaku karya tulis ilmiah benda cagar budaya di-handel olehnya dan dibantu salah satu temannya serta guru pembimbing. Dirinya meneliti fosil gajah purba yang ditemukan di Desa Terban, Jekulo, Kudus. Dwi meneliti karena ingin mengajak teman sebayanya untuk mencintai sejarah.

“Saya mengambil tema jelajah surga pandang. Jadi di dalam karya ilmiah saya ingin mempercantik rumah fosil karena sedikit anak zaman now yang tertarik. Terlebih di sana minim spot foto yang instragamable. Jadi membutuhkan optimalisasi destinasi situs patiayam di zaman now sebagai wisata edukreasi,” tutur warga Desa Kebowan, Kecamatan Winong, Pati ini.

Usai meneliti, dara kelahiran Pati, 29 April 2001 ini belajar keras presentasi hingga beberapa kelas di sekolahnya dimasuki untuk belajar presentasi. Setelah persiapan matang, penelitian itu dilombakan Maret 2018 ini. Yang mengikuti karya tulis ilmiah benda cagar budaya ada 12 orang dan di penelitian sejarah sebanyak delapan orang. Total semua 20 peserta.

“Alhamdulillah saat presentasi itu lancar meskipun dilihat semua peserta. Bahkan, saya harus melewati pertanyaan para juri yang membredel karya tulis ilmiah saya. Pengumuman juaranya dimulai juara 3 dan juara 2. Waktu pengumuman itu saya tidak masuk ya sudah pasrah aja. Eh setelah diumumin juara 1 itu ternyata karya saya, seketika nangis. Terlebih saat dipeluk ibu guru pembimbing. Karena waktu itu pas ulang tahunnya guru pembimbing,” lanjutnya.

(ks/put/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia