Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Sekaligus Launching Pendidikan TOP

10 Desember 2018, 16: 39: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

MERIAH: Para peserta Jalan Bareng Top lepas dari start di Alun-alun Simpang 7 Kudus. Ada sekitar 8.000 peserta dari guru dan siswa yang mengikuti even ini.

MERIAH: Para peserta Jalan Bareng Top lepas dari start di Alun-alun Simpang 7 Kudus. Ada sekitar 8.000 peserta dari guru dan siswa yang mengikuti even ini. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Minggu pagi sekitar pukul 05.30 kawasan sekitar air mancur Pendapa Kabupaten Kudus dipadati para siswa dan guru. Mereka merupakan peserta even Jalan Bareng Top untuk Pendidikan Kudus Makin Top.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bersama Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora); Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI); dan Jawa Pos Radar Kudus. Ini merupakan puncak peringatan HUT Ke-73 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 di Kudus.

Jumlah peserta di even ini, sekitar 8.000 orang. Terdiri dari siswa, guru, tenaga pendidikan, dan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kudus. Mereka sudah berbaris sembari menunggu kedatangan Bupati Kudus M. Tamzil.

Tak lama berselang, tepat pukul 06.00 Bupati Kudus M. Tamzil hadir di tengah-tengah peserta. Didampingi Direktut Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi, Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo, Kabid Dikdas Suharto, Sekdin sekaligus Ketua PGRI Kasmudi, Sekda Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris, Plt Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Puthut Winarno, dan jajaran UPT Pendidikan Kabupaten Kudus.

Sebelum keberangkatan peserta, Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi menyapa para peserta dengan sambutannya. Dia mengatakan, jalan bareng bupati ini kali kedua digelar. Sebelumnya juga ada even yang sama, ”Mlaku Bareng Top” yang diikuti sekitar 10 ribu peserta, tetapi untuk kalangan umum.

Untuk kali ini diperuntukkan guru dan siswa. Kegiatan ini dalam rangka upaya mewujudkan pendidikan Kudus yang makin top. Hal ini diwujudkan dalam bentuk program halaman Pendidikan Top di Jawa Pos Radar Kudus.

”Sebagai koran dengan pembaca terbanyak, kami tergugah untuk membantu pemkab mengangkat derajat pendidikan. Dengan melakukan kerja sama penerbitan satu halaman yang konten khususnya pendidikan,” ungkapnya.

Usai sambutan direktur Radar Kudus, dilanjutkan sambutan Bupati Kudus M. Tamzil. Dia mengapresiasi halaman Pendidikan Top di Radar Kudus. Sebab, ini sebagai wadah untuk mempromosikan segala bentuk kegiatan sekolah dan memfasilitasi guru menulis artikel.

”Monggo halaman Pendidikan Top ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, supaya sekolah-sekolah mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah-sekolah juga bisa promosi dengan kegiatan-kegiatan positif. Kami berterima kasih kepada Jawa Pos Radar Kudus yang telah membantu menyelenggarakan even Jalan Bareng Top untuk Pendidikan Kudus Makin Top ini,” ungkapnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Kudus M. Tamzil bersama Direktur Radar Kudus Baehaqi, Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo, dan Sekda Kudus Sam’ani Intakoris me-launching Pendidikan Top dengan menandatangani banner yang sudah disiapkan. Kemudian dilanjutkan pelepasan peserta jalan bareng oleh Bupati M.Tamzil.

Rute yang ditempuh para peserta sekitar tiga kilometer. Dimulai dari Alun-alun Simpang 7, kemudian ke timur sampai ke perempatan Pegadaian. Kemudian belok ke kanan lewat Jalan Tanjung sampai di Perempatan Sleko. Selanjutnya belok kanan menyusuri Jalan Pemuda dan finish di Alun-alun Simpang 7.

Sementara rombongan Bupati Kudus M.Tamzil banyak diajak foto bareng saat berjalan di sekitar mal Ramayana. Dia tampak sabar, bahkan semringah melayani permintaan foto dari masyarakat yang ikut jalan sehat ini.

Setelah finish, kemudian dilanjutkan pengundian doorprize. Bupati Kudus spontan menyumbang satu unit sepeda motor. Dengan begitu, hadiah utama berupa dua sepeda motor.

Setelah dilakukan pengundian, orang yang beruntung membawa pulang sepeda motor dari bupati yakni nomor undian 0640 atas nama Indah Purnamawati, pegawai tata usaha (TU) SMP 2 Dawe. Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kudus M. Tamzil.

Kemudian undian dilanjutkan, yakni kipas angin, dua unit sepeda, dan dua unit kulkas. Dipuncak acara dilakukan pengundian satu unit sepeda motor lagi yang dilakukan Direktur Radar Kudus Baehaqi. Kali pertama pengambilan dibacakan nomor undian 4851. Namun nomor itu dipanggil lima kali tidak ada yang datang. Akhirnya dinyatakan hangus.

Dilanjutkan pengambilan kupon lagi. Didapat nomor 3355. Setelah dibacakan berulang kali, dari arah barat lari-lari seorang ibu bersama dua anaknya. Nomor cantik yang beruntung itu milik Siti Nurbiatun, guru mata pelajaran (mapel) Sejarah dari SMK PGRI 1 Mejobo.

Hadiah diserahkan secara simbolis oleh Direktur Radar Kudus Baehaqi didampingi Ketua PGRI Kudus Kasmudi. Acara berakhir pukul 09.00 dan dihibur live music.

(ks/san/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia