Senin, 17 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Sejak Kecil Sudah Ikut Sidang

16 November 2018, 09: 27: 22 WIB | editor : Panji Atmoko

Indira Inggi Aswijati

Indira Inggi Aswijati (Dok.Pribadi)

DARA bernama lengkap Indira Inggi Aswijati ini, merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Setelah lolos tes CPNS sebagai calon hakim Mahkamah Agung, saat ini dia sedang magang pendidikan dan pelatihan calon hakim (PPC) di Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Profesi yang dijalaninya sekarang, karena dia termotivasi ibunya. Dira -panggilan akrabnya- ingin melanjutkan profesi yang telah disandang oleh ibundanya, yakni hamik. ”Memang dari kecil ingin jadi hakim. Saya dulu sering diajak sidang dan kagum lihat mama pakai toga hamik,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar kudus.

Menurutnya, ketika hakim-hakim perempuan memakai baju toga tampak seperti srikandi. Sebab, rela mengabdi demi negara menegakkan keadilan.

Selain itu, perempuan yang di Kudus beralamat di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, ini, juga rela mengabdi meski di pelosok. Ya, tugas pertamanya menjadi hakim ditempatkan di luar Jawa. Terpatnya di Barabai, Kalimantan Selatan.

Meski jauh dari rumah, dia merasa senang karena bisa mengenal orang baru, bisa belajar bahasa daerah, dan budaya setempat. Juga tahu kuliner khas Barabai. Meski demikian, dia juga sering mengalami homesick, karena harus jauh dari keluarga.

”Saat di Barabai semuanya serba susah. Jauh dari keluarga, tugas laporan banyak, dan transport susah. Kalau mau ke bandara di Banjarmasin saja harus menempuh perjalanan darat sekitar empat jam,”imbuhnya,” terangnya. 

(ks/lin/aji/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia