Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Sportainment

Seru, Dua Jawara Asian Games 2018 Ikuti 76 Indonesia Downhill

Minggu, 04 Nov 2018 18:42 | editor : Ali Mustofa

LANGGANAN KEJUARAAN: Trek downhill di Desa Ternadi kembali dipakai sebagai arena Indonesia Downhill seri kelima kemarin dan hari ini.

LANGGANAN KEJUARAAN: Trek downhill di Desa Ternadi kembali dipakai sebagai arena Indonesia Downhill seri kelima kemarin dan hari ini. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

KUDUS – Dua atlet downhill peraih medali emas Asian Games 2018 ikut serta dalam 76 Indonesia Downhill seri kelima di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe kemarin. Kedua rider itu yakni Khoiful Mukhib dan Tiara Andini Prastika.

Khoiful Mukhib yang merupakan rider asal Kota Ukir berlomba di kelas men elite. Sedangkan Tiara Andini Prastika di kelas women elite. Kehadiran mereka membuat balap sepeda gunung menjadi lebih seru.

Heri Lempeng Susanto, koordinator ajang tersebut mengatakan, downhill kali ini berbeda dengan tahun lalu. Downhill di Desa Ternadi sendiri sudah kali ketiga ini diselenggarakan. Ada perubahan jalur trek ada sekitar 10 persen.

Trek di kawasan tebing perbukitan di Desa Ternadi memiliki panjang 2,2 kilometer. Dengan rintangan vertikal 113 meter. Trek downhill satu-satunya di Kota Kretek itu juga paling panjang jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Seri pertama di Jogjakarta, kedua di Kota Batu, Jawa Timur, ketiga di Kabupaten Banyumas Jawa Barat, keempat di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. ”Di kudus yang jalur treknya paling panjang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kesulitan bertambah dengan adanya rintangan berupa jalur trek yang ada bebatuan alam. Berbeda dengan tahun lalu. Kali ini ada jalur yang ada batu alamnya. ”Downhill ini diikuti 193 peserta dari seluruh indonesia,” katanya.

Dia melanjutkan, dalam balap sepeda itu ada kategori. Pertama hobi dan kedua prestasi. Kategori hobi untuk atlet di atas usia 30 tahun. Dari dua kategori tadi ada 15 kelas atau nomor lomba. Kejuaraan tingkat nasional itu digelar mulai kemarin dan berakhir hari ini.

(ks/ruq/lid/top/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia