Selasa, 23 Oct 2018
radarkudus
icon featured
Grobogan

Tari Kolosal Nyi Ageng Serang Diapresiasi

Hari Ulang Tahun ke-73 TNI

Sabtu, 06 Oct 2018 09:13 | editor : Panji Atmoko

MEMUKAU: Ratusan pelajar binaan Kodim 0717/Purwodadi tampil atraktif di HUT ke-73 TNI di Lanumad Ahmad Yani Semarang.

MEMUKAU: Ratusan pelajar binaan Kodim 0717/Purwodadi tampil atraktif di HUT ke-73 TNI di Lanumad Ahmad Yani Semarang. (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

PURWODADI – Sebanyak 350 pelajar dari SMP hingga SMA sederajat di Kabupaten Grobogan tampil memukau pada momen HUT ke-73 TNI dan Kodam IV/Diponegoro ke-68 di Lanumad Ahmad Yani Semarang kemarin.

Mereka tampil setelah upacara HUT TNI. Penampilan mereka mampu membuat decak kagum para tamu undangan. Utamanya, Pangdam IV/Diponegoro, kapolda dan gubernur Jateng.

Ratusan pelajar yang ikut memeriahkan itu berasal dari SMPN 1 Purwodadi, SMPN 1 Tawangharjo, SMAN 1 Karangrayung, SMKN 1 Purwodadi, dan SMKN 1 Karangrayung. Mereka merupakan siswa pilihan yang ditujuk untuk menampilkan kisah pahlawan maupun budaya

Mereka menampilkan tari kolosal Nyi Ageng Serang, dimana pahlawan perempuan yang memimpin perang melawan penjajah Belanda. Kemahiran hingga jiwa kepimpinan dalam perang ditonjolkan dalam tarian tersebut.

Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arm Teguh Cahyadi mengatakan, kisah Nyi Ageng Serang diambil karena sejarah asli di Kabupaten Grobogan. ”Kisah ini diambil karena merupakan kisah legenda asli Grobogan. Sehingga harapkannya penonton yang menyaksikan tertarik dan mengenal sejarah Grobogan. Ternyata memang mendapatkan apresiasi dari pangdam. Tadi langsung berdiri dan memberi applause,” paparnya.

Ia berharap melalui pengenalan tarian ini bisa menumbuhkan semangat nasionalisme kepada para pelajar yang hadir. Serta mampu meneladani pengorbanan dan perjuangan pahlawan bangsa.

”Saya berterima kasih pada pelajar yang ikut berpartisipasi. Pelajar juga banyak mendapatkan pelajar. Karena mereka di karantina di Semarang selama tiga hari dan tidur bersama-sama di sini. Otomatis mereka sudah berlatih bela negara selama beberapa hari ini,” ungkapnya. (int/him)

(ks/int/aji/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia