Selasa, 23 Oct 2018
radarkudus
icon featured
Kudus

Peringati HUT ke-469 Kudus, Sewu Tumpeng Digelar Malam Ini

Sabtu, 22 Sep 2018 17:43 | editor : Ali Mustofa

PESTA RAKYAT: Masyarakat menikmati tumpeng di malam HUT Kudus di Alun-alun Kudus tahun lalu.

PESTA RAKYAT: Masyarakat menikmati tumpeng di malam HUT Kudus di Alun-alun Kudus tahun lalu. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

KUDUS – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kudus digelar hari ini. Meski HUT jatuh pada 23 September. Serangkaian acara dihelat untuk memeriahkan. Termasuk pesta tumpeng rakyat atau yang lebih dikenal sewu tumpeng akan digelar malam ini.

Ali Rifai, asisten Sekda bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Kudus mengatakan, pesta tumpengan rakyat mengundang seluruh rakyat Kudus untuk hadir di Alun-alun Simpang 7 Kudus. ”Akan ada lebih banyak tumpeng daripada tahun lalu. Juga akan dihadiri bupati Kudus baru,” terangnya.

Dijelaskan, tumpeng-tumpeng tersebut merupakan pemberian dari berbagai elemen masyarakat. Juga dari kecamatan, desa, instansi, ormas, dan relawan. Tumpeng akan disusun di sekitar lapangan alun-alun untuk dikepung dan dinikmati masyarakat. ”Pengumpulan tumpeng paling lambat sore harinya (sore ini, Red). Karena acara dilaksanakan malam hari,” ujarnya.

Dia menuturkan, HUT ke-469 Kota Kudus ini mengangkat tema ”Dengan Hari Jadi Kota Kudus Ke-469, Kita Wujudkan Kudus yang Religius, Modern, Cerdas, Berkah”. Selain tumpengan, rangkaian acara lain ada khotmil Quran dan santunan anak yatim yang sudah digelar Kamis malam (20/9) lalu di pendapa kabupaten. Kemudian Minggu (23/9) digelar tahlil di Tajug Menara Kudus. ”Tahun ini memang tak ada karnaval dan apel hari jadi. Namun akan tetap ramai dan meriah,” jelasnya.

Menutup rangkaian acara, akan digelar wayang kulit pada Sabtu malam (29/9) di alun-alun. ”Lakon yang diangkat ”Amarta Binangun” oleh dalang Ki Mantep Soedarsono dan Ki Tatut Sutanto bersama 50 sinden,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sebelumnya ada agenda launching iket khas Kudus. Namun tak jadi dilaksanakan hari ini. ”Rencananya diundur dan dibarengkan dengan pergelaran wayang,” imbuhnya.

(ks/ela/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia