Kamis, 13 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Kudus

Penggantian Luwur Makam Sunan Kudus Habiskan 15.032 Meter Kain Mori

21 September 2018, 17: 29: 55 WIB | editor : Ali Mustofa

PUNCAK ACARA BUKA LUWUR: Luwur baru dibawa untuk dipasang di cungkup makam Sunan Kudus kemarin pagi.

PUNCAK ACARA BUKA LUWUR: Luwur baru dibawa untuk dipasang di cungkup makam Sunan Kudus kemarin pagi. (M. ULIN  NUHA/RADAR KUDUS)

KUDUS - Seluruh luwur yang dibuat selama empat hari sudah terpasang. Pemasangan terakhir ditandai dengan pemasangan luwur ranjam di cungkup makam Sunan Kudus. Dalam penggantian luwur ini, menghabiskan total kain mori 15.032 meter dan 110 meter kain kelambu.

Ketua Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) KH. Em Nadjib Hasan mengatakan, seluruh kain tersebut merupakan sedekah dari masyarakat. ”Tak hanya berupa kain, sedekah yang diberikan masyarakat juga berupa beras, kerbau, dan kambing. Ada 10.095 orang yang memberikan sedekah pada buka luwur kali ini,” katanya.

Selain itu, suksesnya acara ini juga tak lepas dari peran 1.175 perewang. Mereka secara suka rela menyumbangkan tenaga demi kelancaran acara buka luwur. Bahkan rela ambil cuti kerja.

Terkait rangkaian prosesi puncak buka luwur ini, di antaranya diisi dengan pembacaan doa yaumul asyuro yang dipimpin KH Syaroni Achmadi. Dilanjutkan dengan pemasangan luwur ranjam dan tahlil di cungkup makam Kangjeng Sunan Kudus.

”Ritus ini dinamakan buka luwur, bukan khaul sebagaimana lazimnya di tempat lain. Sebab, hingga saat ini belum ditemukan tanggal pasti wafatnya Kangjeng Sunan Kudus,” terangnya.

Ia berharap tradisi buka luwur bisa menjadi media refleksi untuk melestarikan peninggalan Sunan Kudus. Baik tangible maupun intangible tentang keteladanan sosok dan perjuangan Sunan Kudus. Terutama dalam menyebarkan Islam dengan jalan damai dan mengembangkan kebudayaan lokal.

Acara ini dihadiri ratusan undangan khusus dari ulama, tokoh masyarakat, instansi pemerintahan, serta perwakilan anggota Perhimpunan Pemangku Makam Auliya’ (PPMA) se-Jawa. Ulama yang hadir di antaranya KH Syaroni Achmadi, KH M Ulil Albab Arwani, KH Arifin Fanani, KH Hasan Fauzi, KH Noor Halim, Habib Umar Muthohar, dan KH Ahmad Badawi.

(ks/daf/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia