Senin, 24 Sep 2018
radarkudus
icon featured
Pati

Keren, Pati Kidul Sabet Penghargaan Lingkungan se-Jateng

Senin, 03 Sep 2018 07:25 | editor : Ali Mustofa

LINGKUNGAN BERSIH: Lurah Pati Kidul PB Pamungkas menerima penghargaan lomba kelurahan bersih dan hijau terbaik se-Jawa Tengah.

LINGKUNGAN BERSIH: Lurah Pati Kidul PB Pamungkas menerima penghargaan lomba kelurahan bersih dan hijau terbaik se-Jawa Tengah. (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

KOTA – Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Kota berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba kelurahan bersih dan hijau (LKBH) tingkat Jawa Tengah. Pati Kidul berhasil menyingkirkan 34 kelurahan dari kota/kabupaten lainnya.

Penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa tengah, diberikan langsung kepada Lurah Pati Kidul PB Pamungkas di kantor dinas setempat kemarin. Ia mengaku, partisipasi masyarakatlah yang mengantarkan Pati Kidul menjadi juara. Mengalahkan Kelurahan Kuripan, Kabupaten Grobogan juara II dan Kelurahan Kebonmanis, Kabupaten Cilacap, sebagai juara III.

”Yang menjadi penilaian utama memang pada partisipasi masyarakat. Sebab program kelurahan bersih dan hijau ini bukan sekali gebrakan selesai. Namun keberlangsungannya, dan itu bisa dilakukan dengan partisipasi masyarakat yang baik,” jelas Pamungkas.

Partisipasi itu, lanjut, seperti penataan lingkungan sekitar dan penanganan sampah. Bahkan, masyarakat Pati Kidul memiliki waktu khusus untuk bersih-bersih dan menata lingkungan.

”Nah kebetulan di Pati Kidul, juga disediakan banyak bank sampah. Dengan bank sampah ini pengelolaan sampah jadi lebih baik. Sampah-sampah yang masih bernilai, dikreasikan lagi, jadi karya seperti yang ada di sudut kampung di Kelurahan Pati Kidul,” imbuhnya.

Pamungkas berharap, masyarakatnya tidak terlena. Justru, katanya, menjadi semangat dan kesadaran menumbuhkan masyarakat yang mencintai lingkungan. ”Jadi predikat juara jangan menghentikan semangat untuk mencintai kebersihan dan hijaunya lingkungan tempat tinggal,” pungkas Pamungkas.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia