Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Kudus

Jembatan Tanggulangin Barat Bakal Ditutup 5 Bulan

Sabtu, 01 Sep 2018 07:05 | editor : Panji Atmoko

MENUTUP GERBANG K3?: Crane sedang menancapkan tiang pancang sebagai kaki-kaki Jembatan Kolonel Sunandar C (Jembatan Tanggulangin III) dengan background Gerbang Kudus Kota Kretek.

MENUTUP GERBANG K3?: Crane sedang menancapkan tiang pancang sebagai kaki-kaki Jembatan Kolonel Sunandar C (Jembatan Tanggulangin III) dengan background Gerbang Kudus Kota Kretek. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

KUDUS – Jembatan Tanggulangin II (Jembatan Tanggulangin sisi barat) yang menghubungkan antara Kabupaten Kudus- Demak bakal ditutup. Hal itu guna memperlancar pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar C (Jembatan Tanggulangin III). Rencana penutupan dimulai akhir September sampai lima bulan ke depan. Akibatnya arus lalu lintas di Jembatan Tanggulangin I dijadikan sistem dua arah.

Siang kemarin, puluhan pekerja tampak sibuk mengerjakan proyek pembangunan Jembatan Tanggulangin III. Berbagai alat berat pun beroperasi di lokasi pembangunan. Seperti crane untuk menancapkan pancang besi jembatan dan dua ekskavator.

Pembangunan jembatan dikerjakan mulai Desember 2017 lalu hingga Juni 2019 mendatang. Total kucuran dana sekitar Rp 115,5 miliar dari APBN. Saat ini, progres pembangunan jembatan mencapai 15 persen.

Indah Faried Y.N, koordinator pelaksana pembangunan dari PT Duta Mas selaku penggarap Jembatan Kolonel Sunandar membenarkan hal tersebut. ”Jembatan Tanggulangin II akan ditutup selama sekitar lima bulan. Dimulai akhir September ini hingga awal Januari tahun depan,” ujarnya.

Terkait rencana penutupan jembatan ini, tentunya sudah mendapat izin dari pihak terkait. Juga sudah dikoordinasikan dengan Polres dan Dishub Kudus serta Demak. Rekayasa lalu lintas juga sudah dibuat, tinggal nanti dilakukan simulasi sebelum penutupan jembatan diberlakukan.

”Kami sudah berkoordiansi dengan polres dan dishub di dua kota, Demak dan Kudus. Untuk mulai penutupan, tanggalnya belum dipastikan. Kemungkinan ditutup setelah pelantikan bupati Kudus,” jelasnya.

Terkait pengalihan jalan, berjarak sekitar satu kilometer. Mulai dari PO Nusantara hingga SPBU Tanggulangin. Rambu-rambu pengalihan jalan juga akan disediakan untuk antisipasi kemacetan lalu lintas. Pada saat pemberlakuan pengalihan arus, nantinya juga akan dibantu dari pihak kepolisian dan dinas perhubungan.

Berdasarkan pertimbangan, Jembatan Tanggulangin III telah melalui kajian matang. Yakni dibuat membentang melewati Sungai Wulan dengan lebar sekitar 11,55 meter dan panjang 170 meter. Dari selatan mulai setelah gapura perbatasan Demak-Kudus hingga ke uatara sebelum SPBU Tanggulangin.

Sesuai rancang bangun yang ada, desain jembatan baru jauh lebih tinggi dari posisi Hutan Kota Tanggulangin yang ada di sebelah baratnya. Jadi, tak memengaruhi keindahan taman. Sebab, nantinya akan dibuat jalan lorong menuju taman hutan kota.

Sementara itu, Teddy Rahman, kabag Humas pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar PT Duta Mas Indah menambahkan, jumlah pekerja yang terlibat ada sekitar 100 orang. Jika proyek sudah mencapai puncak, besar kemungkinan akan ada penambahan pekerja. Setelah pengecoran jalan, saat ini pekerja masih sibuk mengerjakan kaki seribu pancang besi.

”Konstruksi dasar bangunan ini dikerjakan untuk memperkuat jembatan baru. Sebab, jembatan ini nantinya akan bisa dilalui hingga berat 200 ton di 100 titik jembatan,” imbuhnya. 

(ks/ela/lin/aji/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia