Senin, 24 Sep 2018
radarkudus
icon featured
Rembang

Peduli Lansia, BPR BKK Lasem Salurkan Bantuan Bulanan   

Kamis, 16 Aug 2018 17:20 | editor : Ali Mustofa

PEDULI LANSIA: Direktur Utama PD BKK Lasem Sutarjo (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan untuk lansia kepada perwakilan Dinsos PPKB Kabupaten Rembang. 

PEDULI LANSIA: Direktur Utama PD BKK Lasem Sutarjo (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan untuk lansia kepada perwakilan Dinsos PPKB Kabupaten Rembang.  (KHOLID HAZMI/RADAR KUDUS)

LASEM – PD BPR BKK Lasem turut meringankan beban hidup lansia sebatang kara. Setiap bulan, BKK Lasem memberikan bantuan sebesar Rp 360 ribu untuk 10 lansia. Bantuan tersebut diberikan sebagai dukungan atas program Pemkab Rembang untuk menurunkan angka kemiskinan.

            Direktur Utama PD BPR BKK Lasem Sutarjo mengungkapkan, dalam penyaluran bantuan tersebut pihaknya tidak sendirian. BKK Lasem juga bekerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang.

            Seperti pada kemarin pagi, penyaluran bantuan kepada lansia penerima juga didampingi perwakilan dari Dinsos PPKB. Penentuan penerima bantuan juga berdasarkan saran dan masukan dari Dinsos PPKB.

            ”Kami mengambil data dari Dinsos. Kemudian kami membentuk tim untuk mengecek ke lokasi. Bisa menjadi penerima atau tidak, tergantung dari pengecekan ke lokasi itu,” ungkapnya.

            Tidak semua lansia bisa mendapat bantuan. Prioritasnya bagi lansia yang tidak punya pendapatan dan hidup sendiri. Kemudian tidak ada keluarga yang merawat. Kalaupun ada, keluarganya juga masuk kategori miskin.

            Total ada 10 lansia yang dibantu oleh BKK Lasem. Tersebar di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Lasem, Pancur dan Pamotan. Setiap bulan, BKK Lasem memberikan bantuan Rp 360 ribu. Dengan asumsi per hari Rp 12 ribu. Bantuan itu sifatnya sebagai tambahan untuk keperluan makan sehari-hari.

            Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinsos PPKB Nasaton Rofiq menjelaskan, bantuan untuk lansia merupakan salah satu terobosan untuk menurunkan angka kemiskinan. Oleh pihaknya, program tersebut diberi nama Kamelia Merkah. Singkatan dari koin amal lansia melindungi yang renta jadi berkah.

            Dalam pelaksanaannya, pihaknya menggandeng perusahaan untuk membantu lansia. Salah satu yang merespon baik adalah BKK Lasem. Pihaknya berharap ada gerakan dari masyarakat dan perusahaan lain untuk membantu memberi stimulan kepada lansia. Agar mereka terangkat dari garis kemiskinan.

            ”Apa yang telah dilakukan BKK Lasem untuk membantu lansia ini, harapan kami bisa diikuti oleh elemen masyarakat atau perusahaan lain. Silakan berkoordinasi dengan kami,” jelasnya.

(ks/lid/ali/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia