Sabtu, 17 Nov 2018
radarkudus
icon featured
Pendidikan

SMKN 2 Pati Baca Koran Radar Kudus Bareng sebelum Masuk Kelas

Kamis, 09 Aug 2018 07:21 | editor : Ali Mustofa

BACA BARENG: Kepala SMKN 2 Pati Pramuhadi Kuswanto bersama para siswa membaca koran Jawa Pos Radar Kudus pagi kemarin.

BACA BARENG: Kepala SMKN 2 Pati Pramuhadi Kuswanto bersama para siswa membaca koran Jawa Pos Radar Kudus pagi kemarin. (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

KOTA – SMKN 2 Pati membaca koran bersama di lapangan sekolah setempat pagi kemarin. Tak hanya membaca, ratusan siswa-siswi sekolah adiwiyata tersebut ditugasi menulis pokok-pokok pikiran hasil bacaannya tersebut. Baca koran bersama ini sebagai implementasi gerakan literasi sekolah.

Kepala SMKN 2 Pati Pramuhadi Kuswanto mengungkapkan, kegiatan membaca koran serentak sebelum masuk ke kelas. Sekolah tersebu membudayakan membaca minimal 10 menit tiap hari.

 ”Anak-anak kami ajak untuk membaca koran bersama. Ini sebagai langkah awal untuk membudayakan anak gemar membaca. Tak hanya membaca saja, anak-anak kami tugasi untuk menuliskan pokok-pokok pikiran hasil bacaannya tersebut,” terang Pram usai menemani siswa-siswinya membaca koran Jawa Pos Radar Kudus.

Secara kebetulan hari itu, katanya, salah satu topic yang ditulis mengenai kiprah sekolah yang beralamat di Jalan Gembong – Rendole KM 4. Hal itu penting untuk mengasah kemampuan anak didiknya dalam hal menulis dan menuangkan ide-idenya. ”Selama ini anak-anak masih lemah dalam hal menulis dan menuangkan pikirannya,” papar Pram.

Selain itu, kegiatan literasi ini bukan hanya untuk siswa saja. Tapi guru juga ikut serta. Apalagi kemampuan guru menulis menjadi salah satu poin penilaian kompetensi seorang guru.

Yunan Saiful, salah satu siswa SMKN 2 Pati mengaku senang dengan kegiatan gerakan literasi di sekolahnya. ”Ya tentu senang, apalagi banyak hal yang bisa didapat. Wawasan akan bertambah, perbendaharaan kosa kata juga bisa makin melimpah,” ungkap siswa dari jurusan multimedia ini.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia