Kamis, 13 Dec 2018
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Pernah Kekecilan Desain Baju

23 Juli 2018, 10: 47: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

Dila Oktaviana Devani

Dila Oktaviana Devani (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

DUNIA desain baju tak lepas dari keseharian Dila Oktaviana Devani. Bahkan sejak kecil, ia sudah mulai mengenal desain baju melalui ibunya yang seorang penjahit. Tak ada dorongan keluarga, ia sendiri yang memilih menggeluti tata busana.

“Sejak kecil saya suka melihat ibu menjahit baju. Lalu saya mantab memilih jurusan tata busana di SMKN 3 Pati. Saya daftar sendiri ke sekolah. Karena memang sudah passion sejak awal, saya rajin mengikuti pelajaran dan praktik. Oleh guru, saya didorong merancang baju sendiri untuk acara perpisahan,” tutur dara yang akrab disapa Dila ini.

Perempuan kelahiran Pati, 29 Oktober 1999 ini tak berhenti merancang baju untuk perpisahan saja. Sejak itu, anak ketiga dari empat bersaudara ini merancang beberapa baju pesta untuk disewakan. Hingga saat ini ada sepuluh rancangan bajunya yang memenuhi salah satu ruang di rumahnya.

“Ke depan, saya ingin menjadi desainer. Setelah lulus SMK tahun ini, saya melanjutkan kuliah dan memilih jurusan tata busana. Tak hanya mendesain baju, nantinya saya ingin menciptakan lapangan kerja dari dunia fashion,” kata gadis yang diterima di Jurusan Tata Busana Unnes ini.

Dila mengaku, mendesain baju terkadang menghadapi hambatan. Salah satunya membuat pola dasar. Ia mencontohkan mendesain baju untuk temannya. Saat membuat pola dasar berat badan temannya hanya 45 kilogram. Namun setelah selesai membuat baju, berat badan temannya itu bertambah menjadi 48 sehingga desainnya kekecilan.

“Untuk mengantisipasi itu, biasanya membuat lebihan jahitan lebih banyak. Kalau kekecilan bisa besarkan,” lanjut warga Desa Mintobasuki, Gabus ini.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia