Selasa, 23 Oct 2018
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Terampil Ubah Barang Bekas

Sabtu, 21 Jul 2018 08:28 | editor : Ali Mustofa

Devvi Nillam Sari

Devvi Nillam Sari (Dok. Pribadi)

BARANG bekas biasa dibuang begitu saja. Tetapi, ditangan Devvi Nillam Sari barang yang tidak bernilai itu menjadi barang yang berguna kembali.

Berkat keterampilan itu, dia kerap dipanggil mengisi pelatihan hasta karya. Nilam –sapaan akrabnya- tak pelit berbagi ilmu. Berbagai hasil kerajinan tangan menjadi materi yang disampaikannya. Hal itu dilakukannya sejak 2017.

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Kudus, ini suka memanfaatkan barang bekas yang mula tak bernilai menjadi bagus dan layak dijual. Hasta karya hasil ciptaannya sudah banyak yang terjual.

Karya dari gadis kelahiran, Kudus, 3 Juni 1995 ini, seperti plastik jadi bunga tangkai, gelas plastik jadi rantang gelas, tempat jilbab, piring, tempat tisu. Lalu, botol bekas jadi celengan, lampu, dan boneka.

Dia juga mendaur ulang kain jadi bros, buket, dan masih banyak lainnya. ”Saya diminta mengisi pelatihan hasta karya. Yang saya latih beragam mulai dari ibu–ibu, remaja atau pemuda, dan anak–anak,” ungkap gadis asal Desa Damaran, Kecamatan Kota, Kudus ini.

Bahkan, kerajinan tangan hasil dari latihan bisa untuk pameran atau dijual dibazar secara kelompok. Ada juga yang dijual pribadi. ”Dengan hasta karya, membuat ide bisa berkembang. Kerajinan bisa dibuat sesuai keinginan sendiri jadi tidak membosankan. Selain kerajinan bernilai jual, waktu kosong menjadi lebih berguna,” tuturnya.

(ks/ruq/ris/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia