Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Yuk! Nikmati Gardu Pandang sambil Swafoto Melihat Keindahan Kota Ukir

19 Juli 2018, 11: 58: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

MENARIK: Gardu pandang di komplek Benteng Fort Japara XVI atau Benteng VOC Jepara menjadi lokasi favorit untuk berfoto.

MENARIK: Gardu pandang di komplek Benteng Fort Japara XVI atau Benteng VOC Jepara menjadi lokasi favorit untuk berfoto. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Usai tuntas dibangun awal tahun lalu gardu pandang di kompleks Benteng Fort Japara XVI atau Benteng VOC Jepara menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung objek wisata tersebut. Saat ini gardu pandang tersebut banyak dijadikan lokasi foto oleh pengunjung.

Tak hanya pengunjung yang datang ke Benteng VOC Jepara, banyak pula pengunjung yang sengaja datang untuk mengambil foto spot tersebut. Bahkan ada pula yang memanfaatkannya untuk sesi foto prewedding.

Salah satu pengunjung yang memanfaatkan gardu pandang untuk berfoto, Taufik mengatakan, dia sengaja datang ke lokasi tersebut untuk mengambil foto prewedding. Sesi foto itu dilakukan di hari kerja, saat pengunjung tidak terlalu ramai.

Menurut Taufik, lokasi tersebut menarik karena merupakan tempat baru. Selain itu gardu pandang tersebut juga memiliki desain yang unik dan berhadapan langsung dengan Kota Jepara. ”Dari sini kita bisa melihat kota Jepara dari atas,” katanya.

Selain Taufik, pengunjung lainnya, Rahayu menyatakan, dia juga senang saat berfoto di lokasi tersebut. Dia menyatakan sengaja datang ke lokasi itu setelah sebelumnya melihat foto-foto gardu pandang di media sosial. ”Penasaran kemudian datang ke sini,” tuturnya.

Untuk menikmati gardu pandang itu para pengunjung tidak dipungut biaya. Mereka hanya membayar uang parkir untuk kendaraan di depan benteng.

Mengenai gardu pandang ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Fatkhurrahman melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan Isnan H mengatakan, gardu pandang yang dibangun menjulang tinggi dengan dua lantai di sebelah selatan Benteng VOC Jepara. Pada bagian depan terdapat tulisan Fort Japara XVI.

Di sisi kanan bangunan, ada satu ruangan yang disiapkan bagi petugas. Selain itu baik di lantai satu maupun lantai dua, dipasang pagar pengaman dari besi. Satu lagi yang tak kalah menarik, ada ukir-ukiran di gardu pandang tersebut. Ukiran itu ditempatkan di bagian langit-langit.

Mengenai pagar keliling sendiri, ditambahkan agar aman bagi pengunjung. Begitu juga dengan pos penjagaan di lantai bawah gardu pandang itu.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia