Selasa, 23 Oct 2018
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Lihai Mainkan Gamelan

Kamis, 19 Jul 2018 11:34 | editor : Ali Mustofa

Laila Fitria

Laila Fitria (Dok. Pribadi)

BERGABUNG di kelompok teater kampus tak hanya membuat Laila Fitria jago akting. Melalui teater di kampusnya, gadis ini juga belajar bermain gamelan. Khususnya alat musik saron.

Dara kelahiran Jepara, 12 September 1998 ini menceritakan, sejak masuk di teater kampus dia ikut berlatih gamelan. ”Kebetulan kegiatannya tidak hanya latihan teater saja, tetapi juga ada latihan musik tradisional,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Bersama kelompoknya dia tampil di berbagai acara. Mulai dari acara kampus hingga kegiatan budaya di luar kampus. Salah satunya yakni dalam Festival Kupat Lepet yang rutin digelar di Jepara. ”Tahun ini kami diminta tampil untuk mengiringi permainan silat dan dalang saat bercerita,” tuturnya.

Gadis yang tinggal di RT 21/RW 3, Desa Robayan, Kalinyamatan tersebut, melanjutkan, saat awal berlatih dia sempat mengalami kesulitan dalam menyesuaikan tempo dengan teman-teman lainnya. Namun seiring dengan perkembangan waktu dia mulai terbiasa dan lihai memainkan saron dengan baik.

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu Jepara ini menambahkan, saat tampil mereka sering memainkan lagu-lagu tradisional. Sesekali mereka juga memainkan lagu populer baik itu tembang kenangan maupun lagu populer lainnya. ”Senang bisa turut melestarikan musik tradisional di Jepara,” pungkasnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia