Rabu, 16 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Dewan Juri Gali Ide Calon Duta Wisata Jepara 2018

18 Juli 2018, 10: 55: 34 WIB | editor : Ali Mustofa

SELEKSI: Peserta pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara menjalani tahapan wawancara pagi kemarin.

SELEKSI: Peserta pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Jepara menjalani tahapan wawancara pagi kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA - Tahapan pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara 2018 terus berlanjut. Pagi kemarin, para peserta menjalani tahapan tes wawancara di Gedung Shima (sebelumnya Serbaguna) Setda Jepara.

Total ada 73 peserta yang masuk tahapan tes wawancara. Dalam wawancara itu, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berhadapan dengan juri dan tema tertentu.

Pada tes wawancara itu, para peserta tidak hanya menjalani sesi tanya jawab. Lebih dari itu, mereka juga diminta mengeluarkan ide dan solusi atas permasalahan seputar pariwisata.

Salah satunya sebagaimana tampak pada sesi yang dipandu oleh juri Kabid Pemasaran Wisata Disparbud Jepara, Florentina Budi Kurniawati. Dia tidak hanya menanyakan soal pengetahuan pariwisata dari masing-masing peserta, tetapi juga meminta peserta mencari solusi praktis dari persoalan ada di lapangan.

Salah satunya soal kebersihan lokasi wisata dan infrastruktur pariwisata di Kota Ukir. Berbagai idepun muncul dari para peserta untuk menanggapi persoalan tersebut. Salah satu peserta, Indah Novita menanggapi soal sampah yang banyak ditemukan di lokasi wisata dan menawarkan solusi gerakan bersih sampah serta upaya meningkatkan kesadaran akan sampah mulai dari diri sendiri.

Terkait seleksi ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Basuki Wijayanto melalui Kabid Pemasaran Wisata Florentina Budi K mengatakan, sebelumnya para peserta yang mendaftar sudah melewati tahapan seleksi administrasi. Untuk seleksi wawancara ini total ada 73 peserta yang mengikuti. ”Jumlah itu terdiri dari 31 peserta laki-laki dan 42 peserta perempuan,” katanya.

Dalam tahap wawancara itu, ada empat juri yang dihadirkan untuk menguji kemampuan peserta di berbagai bidang. ”Melalui tahapan wawancara ini kita bisa melihat bagaimana pengetahuan pariwisata, bahasa Inggris, kepribadian dan bidang lain dari para peserta,” ujarnya.

Florentina menjelaskan, nantinya akan diambil 30 peserta sebagai finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara. ”Mereka nantinya akan mengikuti karantina pada Rabu dan Kamis (1-2/8),” terangnya.

Sementara itu mengenai malam grand final, Florentina menyatakan, akan digelar pada Jumat (3/8) mendatang. Dalam proses pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara tersebut, Florentina menambahkan, pihaknya menekankan pada tiga hal. Yakni brand, beauty & behaviour. ”Harapannya bisa terpilih Mas dan Mbak Duta Wisata yang benar-benar memiliki kemampuan dan bisa membantu mempromosikan pariwisata Jepara,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia