alexametrics
Jumat, 06 Aug 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Tertantang karena Diremehkan

08 Juni 2018, 09: 56: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

Ayu Dandini Kisma

Ayu Dandini Kisma (DOK. PRIBADI)

Share this      

DIANGGAP remeh oleh teman-temannya justru menjadikan Ayu Dandini Kisma semakin tertantang. Dia membuktikan bahwa berkecimpung di organisasi sambil kuliah itu tak hanya buang-buang waktu.

Mahasiswi yang akrab disapa Dini ini jadi trainer. Sejak semester awal dia ikut organisasi di kampus. Awalnya ada kewajiban dari kampus untuk mengikuti organisasi itu. Sebagai bagian dari pengenalan ligkungan kampus bagi mahasiswa baru. Banyak juga mahasiswa yang usai kegiatan tersebut tak aktif di organisasi. Dini sempat bingung mau jadi anggota aktif atau tidak.

Banyak teman-temannya yang menganggap ikut organisasi hanya buang-buang waktu saja. Anggapan remeh itu justru semakin menguatkan niat Dini terjun dalam organisasi di kampus.

Baca juga: DPC PPP Grobogan Bagikan Takjil Jamu Penambah Stamina

Salah satu kegiatan organisasi itu menyiapkan anggota menjadi trainer dan motivator. Awal jadi anggota, kemampuan terutama softskill diasah. Dia bergabung dengan anggota lainnya se-Jawa Tengah (Jateng).

Camping dan outbond bersama untuk melatih kekompakan dan kerjasama tim. Yang terpenting, melatih tanggung jawab atas tugas yang diberikan. ”Dari kegiatan itu kita bisa kenal karakter orang yang berbeda-beda,” jelasnya.

Itu baru permulaan. Berbagai pelatihan yang diisi oleh tokoh-tokoh inspiratif diikutinya. Dia diajarkan bagaimana teknik menjadi trainer. Cara berbicara di depan umum. Tentunya meningkatkan kepercayaan diri pula.

Per lahan gadis asal Kalinyamatan, Jepara ini mulai berlatih menjadi trainer. Meskipun objeknya baru siswa SD atau SMP. Menurutnya, kemampuan tersebut sangat membantunya.

Apalagi, dia kuliah di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Yang harus bisa tampil di depan siswa. Percaya diri dan menguasai kelas. ”Jadi, tidak hanya mengajar. Tapi juga memberikan motivasi-motivasi ke siswa,” paparnya.

(ks/lid/ris/top/JPR)

 TOP