Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Kudus

Ini Penyebab 68 CJH Asal Kudus Batal Berangkat ke Tanah Suci

29 Mei 2018, 14: 07: 38 WIB | editor : Ali Mustofa

Ini Penyebab 68 CJH Asal Kudus Batal Berangkat ke Tanah Suci

MEJOBO – Sebanyak 68 calon jamaah haji (CJH) dipastikan tidak bisa berangkat tahun ini. Jadwal keberangkatan mereka ditunda. Penyebabnya, selain belum lunas biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) juga karena faktor lain seperti medis dan lainnya.

Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Kudus Su’udi mengungkapkan, total CJH asal Kudus tahun ini ada 1.494 orang. Namun dari jumlah tersebut tidak bisa berangkat tahun ini semua. Angka tersebut diperoleh dari rekapan data pelunasan BPIH tahap dua yang telah selesai pada Jumat (25/5) lalu. ”Ada berbagai alasan yang membuat mereka terpaksa ditunda keberangkatannya. Di antaranya, tidak melunasi BPIH hingga alasan medis,” ungkapnya.

Kuota pelunasan BPIH tahap I ada 1.366 CJH yang melunasi. Sedangkan kuota pada tahap II ada 128 CJH yang berhak melakukan pelunasan. ”Namun realitasnya, jumlah pelunasan BPIH tidak sesuai dengan jumlah kuota yang berhak melunasi.  Pada pelunasan tahap I hanya ada 1.305 CJH, dan tahap II ada 122 CJH,” ungkapnya.

Dia menyebut hal tersebut karena tahun ini cukup banyak yang melakukan mutasi. Baik mutasi masuk maupun keluar. Mutasi masuk ada 26, sedangkan mutasi keluar ada 17. ”Jadi untuk kepastian jumlah CJH yang berangkat tahun ini berjumlah 1.426 dari yang seharusnya 1.494,” imbuhnya.

Terkait waktu keberangkatan, diperkirakan CJH Kudus mendapat jatah kloter ke-53, 54, 55, 56, dan 57. Penentuan kloter tersebut ditentukan pihak provinsi. ”Berdasarkan hal itu, diperkirakan jadwal berangkatnya pada akhir Juli hingga awal Agustus mendatang. Tanggal pastinya belum diketahui,” ucapnya saat ditemui di kantor kemarin.

Dalam kloter keberangkatan mendatang, CJH asal Kudus akan bersebelahan dengan dua kota. Rembang dan Blora.

(ks/daf/lil/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia