Senin, 16 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Lampion Unik akan Meriahkan Pesta Baratan 2018

29 April 2018, 15: 45: 56 WIB | editor : Ali Mustofa

INDAH: Lampion berbentuk burung merak karya salah satu peserta lomba di Pesta Baratan 2018. Lampion-lampion akan diarak malam ini.

INDAH: Lampion berbentuk burung merak karya salah satu peserta lomba di Pesta Baratan 2018. Lampion-lampion akan diarak malam ini. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Pesta Baratan yang akan digelar malam ini. Panitia kegiatan menggelar sejumlah lomba. Di antaranya lomba pembuatan lampion. Lampion-lampion tersebut nantinya akan diikutsertakan dalam arak-arakan Pesta Baratan.

Dalam lomba itu, ada berbagai kreasi yang ditampilkan. Ada peserta yang menampilkan kreasi lampion benbentuk ikan nemo dengan dihiasi lampu-lampu. Lampion ikan tersebut banyak menyita perhatian penonton.

Selain itu, ada pula lampion berbentuk naga yang membelit pohon. Uniknya, naga tersebut bisa mengeluarkan asap dari mulut.

Ada pula kelompok yang memilih membuat lampion berbentuk burung merak. Lampion itu dibuat detail dengan sayap yang indah. Kemudian dipercantik dengan lampu bernuansa biru.

Salah satu peserta lomba pembuatan lampion, Ulum mengatakan, kelompoknya sengaja memilih lampion berbentuk ikan sesuai kondisi Kabupaten Jepara yang kaya akan hasil laut. ”Ikan dan hasil laut sangat lekat dengan Jepara. Jadi, kami memilih menampilkan ikan pada lomba ini. Panjang lampion ini, kami buat dua meter,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus. Peserta yang berasal dari Desa Bulungan, Kecamatan Pakisaji, tersebut menambahkan, kelompoknya baru kali pertama mengikuti lomba ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Baratan, Dicky mengatakan, lomba lampion tersebut digelar untuk menyemarakkan rangkaian Pesta Baratan 2018. ”Tidak hanya dilombakan, lampion itu juga akan diikutsertakan dalam arak-arakan,” tuturnya.

Dicky menambahkan, respon peserta cukup bagus. Terbukti, peserta datang dari berbagai wilayah di Jepara. ”Tidak hanya datang dari wilayah Kecamatan Kalinyamatan, tetapi juga datang dari Mayong hingga Pakisaji,” jelasnya. ”Untuk arak-arakan akan digelar malam ini. Rutenya mulai dari KUD Kalinyamatan hingga Lapangan Desa Banyuputih, Kalinyamatan,” imbuhnya.

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia