alexametrics
Jumat, 10 Jul 2020
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Permudah Belajar dengan Isyarat

29 April 2018, 15: 29: 39 WIB | editor : Ali Mustofa

SUGIARTI

SUGIARTI (UMMI NAILA RIZQIYYA/RADAR KUDUS)

Share this      

SEKILAS perempuan Sugiarti ini, layaknya orang pada umumnya. Namun siapa sangka, dibalik senyum keceriannya itu, ia menyandang disabilitas. Ia memiliki hambatan pendengaran (tunarungu).

Namun, dia tetap semangat mendapatkan pendidikan. Perempuan yang lebih akrab disapa Gigi ini, telah selesai mengikuti ujian di sekolahnya, setara dengan tingkat SMP. Gigi menempuh ujian berstandar nasional. Ia mengikuti ujian nasioal berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Siswi SMPLB di Yayasan Pengasuh Anak Luar Biasa (YPALB) SLB Sunan Muria, Dawe, Kudus, ini tetap semangat. Dia mengaku, sebelum ujian telah persiapan matang. Perempuan berusia 20 tahun ini mengaku, pemadatan materi ujian terus diikuti mendekati ujian. ”Setiap hari saya belajar. Baik pagi di sekolah maupun malam di asrama,” ujarnya dengan terbata-bata.

Dengan perkataan yang kurang begitu dipahami orang awam, Gigi pun menjelaskannya dengan bahasa isyarat. Jari-jarinya pandai berbicara mengutarakan maksudnya. Untuk bisa mudah memahami materi pelajaran, dara kelahiran Kudus, 30 Juni 1998 ini, juga menghafal dengan metode isyarat.

”Karena dengan isyarat saya menjadi lebih paham,” terang cewek yang beralamat di RT 3/RW 5, Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kudus, ini.

(ks/ela/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia