Jumat, 22 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Momen Ramai Job, Permintaan Atraksi Barongsai hingga Luar Kota

16 Februari 2018, 17: 05: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SAMBUT IMLEK: Barongsai menjadi salah satu atraksi budaya khas Tionghoa yang biasanya ramai pementasan saat Imlek seperti saat ini.

SAMBUT IMLEK: Barongsai menjadi salah satu atraksi budaya khas Tionghoa yang biasanya ramai pementasan saat Imlek seperti saat ini. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Kemeriahan Imlek tak lepas dari beragam hiburan. Terutama penampilan kesenian khas Tionghoa yakni barongsai. Tepat hari H, job untuk tampil masih ada meski tidak berada di kota sendiri. Melainkan ikut kirab Imlek di Kelenteng Hok Tik Bio, Pati.

Hal ini dijelaskan Ketua Pengkab Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kudus Reza Adrianto. ’’Permintaan atraksi barongsai cukup lumayan. Mulai Imlek sampai Cap Go Meh sudah ada jadwal,” ujarnya.

Dikatakan, order itu tidak hanya datang dari kelenteng. Namun ada pula dari corporate, diler, hotel, hingga sekolah. ’’Kalau besok (hari ini, Red) ikut kirab Imlek di Pati dengan personel sekitar 50 orang termasuk untuk liong,” jelasnya.

Dia mengakui, untuk persiapan, dibutuhkan latihan hampir setiap hari. ‘’’Pemain barongsai tidak hanya dituntut bisa tampil atraktif, tapi juga harus pandai-pandai menjaga fisik,” bebernya.

Dia mencontohkan, sampai Maret pun sudah ada list order pentas. Misalnya pada Senin (2/3) di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus dalam rangka perayaan Cap Go Meh. Kemudian keesokan harinya, Selasa (3/3), pentas di SD Masehi dan Senin (16/3) pentas lagi di SMA Masehi.

”Itu baru jadwal sementara, bisa jadi ada tambahan selama waktunya tidak berbarengan,” jelasnya. Dia mengatakan, kesenian barongsai sekarang sudah semakin digemari masyarakat. 

(ks/aji/san/don/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia