alexametrics
Jumat, 10 Jul 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Pembangunan Sport Center Sudah 80 Persen

16 November 2017, 10: 28: 05 WIB | editor : Ugik Wepe

ARENA SPORT CUKUP LENGKAP: Sejumlah pekerja menyelesaikan bangunan utama dan penunjang di kawasan area sport center terlengkap di Kudus.

ARENA SPORT CUKUP LENGKAP: Sejumlah pekerja menyelesaikan bangunan utama dan penunjang di kawasan area sport center terlengkap di Kudus. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

 KUDUS – Proyek pembangunan area publik sport center sampai pada tahap finishing. Ditargetkan akhir tahun ini selesai. Penyerahan pertama akan diberikan kepada Disdikpora Kudus pada 20 Desember mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo melalui Kabid Olahraga Harjuna Widada menyampaikan, progres pembangunan area sport center pada tahap finishing. Berulang kali pihaknya telah melakukan pengecekan di area tersebut. ”Ini sudah pengecekan termin terakhir yang ketiga kalinya. Tadi kami sudah melakukan pemeriksaan di semua kawasan. Progresnya baik dan selalu meningkat,” ujarnya.

Harjuna menambahkan, dalam proyek ini ada tiga kegiatan. Yakni pengurukan lahan, pembangunan sarana prasarana, dan penerangan lampu jalan. Dalam pengerjaannya berjalan lancar. Semuanya mengalami peningkatan yang baik.

”Untuk progres proyek pengurukan sudah 100 persen. Sedangkan pembangunan fisiknya mencapai 85 persen. Jadi pembangunan tersebut tinggal finishing saja. Jika terjadi hujan pun tidak masalah karena sudah tidak ada bahan material di luar,” imbuhnya.

            Infrastruktur olahraga yang dibangun dengan anggaran dana yang totalnya mencapai sekitar Rp 30 miliar itu mulai dikerjakan pada awal Mei 2017. Proyek pembangunan tersebut diperkirakan selesai pada 20 Desember 2107 mendatang. Di area sport center ini dilengkapi banyak fasilitas olahraga. Seperti skate park, trek BMX, panjat tebing (wall climbing), tenis indoor, gedung multifungsi, dan tempat ibadah.

Kasi Peningkatan Prestasi Sarana Prasarana Olahraga (PPSP-Or) Subarkah mengatakan, dengan adanya sarana beberapa cabang olahraga tersebut, kegiatan olahraga bisa dipusatkan di area sport center. ”Saya harap dengan sarana prasarana ini juga bisa meningkatkan prestasi atlet-altet di sejumlah cabang olahraga di Kudus,” terangnya.

Selain itu, keberadaan sport center tersebut tidak hanya mampu meningkatkan kualitas pembinaan dan prestasi olahraga di Kudus. Namun, bisa juga menjadi sarana olahraga rekreasi bagi masyarakat. ”Olahraga itu kan macam-macam. Ada olahraga pendidikan, prestasi, dan rekreasi. Jadi, semua olahraga nantinya bisa tercover dan dipusatkan di sini. Tentunya ini akan menjadi wahana olahraga terlengkap di Kudus,” tuturnya.

Pelaksana proyek pembangunan Sport Center dari PT Reka Esti Utama, Puryadi mengatakan, progres pembangunan telah mencapai 80,96 persen. Angka tersebut sudah melampaui target proges minggu ini yaitu sebesar 72 persen.

            Selama proyek ini berlangsung, Puryadi mengaku tidak mengalami kendala. Untuk progres area wall climbing kurang pemasangan fiber glass papan panjat tebing. Sedangkan untuk  skate park tinggal pemlesteran dan penyempurnaan taman di sekitarnya.

Tahun depan, sebagian besar bangunan sudah bisa difungsikan. Tapi ada satu yang belum yaitu gedung multifungsi. Karena terbentur anggaran, maka akan dilanjutkan tahun 2018 mendatang. ”Diharapkan rampung pertengahan Desember 2017 ini. Sehingga penyerahan pertama kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Kudus bisa dilaksanakan pada 20 Desember nanti,” ujarnya. (ela)

(ks/lil/don/aji/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia