Kamis, 21 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Sasaran Fisik Mulai Dinikmati Warga

27 Oktober 2017, 08: 32: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

SELESAI: Kepala dispermades memotong pita tanda penutupan TMMD Sengkuyung di Desa Dorolegi, Kecamatan Godong, kemarin.

SELESAI: Kepala dispermades memotong pita tanda penutupan TMMD Sengkuyung di Desa Dorolegi, Kecamatan Godong, kemarin. (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

 GODONG - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Kodim 0717/Purwodadi di Desa Dorolegi, Kecamatan Godong, ditutup kemarin (26/10). Melalui program tersebut, warga mulai menikmati hasil pembangunan fisik.

Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning mengatakan, berbagai kegiatan fisik dan nonfisik telah diberikan saat TMMD. Di antaranya menyasar pekerjaan rabat beton dengan panjang 500 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 0,15 meter.

“Kemudian sasaran tambahan berupa rehab satu musala, rehab satu poskamling, pembuatan 10 jambanisasi. Lalu barem kanan dan kiri jalan 0,5 meter dari swadaya masyarakat. Kemudian swadaya desa pengecoran jalan sekitar 500 meter. Semua dapat diselesaikan 100 persen dan tepat waktu,” ujarnya.

Selain kegiatan tersebut, diadakan pembekalan pengetahuan praktis maupun masalah sosial masyarakat, kejuangan, bela negara, dan wawasan kebangsaan, serta kesadaran hukum. Selama program berlangsung, kegotongroyongan masyarakat dan TNI terjalin erat.

Kemanggulan pelaksanaan TMMD tidak hanya didominasi laki-laki, namun para ibu rumah tangga desa setempat turun mengambil bagian. “Senang karena warga antusias dalam bekerja dan mereka penuh semangat. Kini apa yang mereka kerjakan selama ini sudah membuahkan hasil. Giliran mereka merawatnya dengan baik,” harapnya.

Dandim mengungkapkan, TMMD ini diselenggarakan dan dikembangkan secara terus menerus. Sebab TNI AD mengalokasikan anggaran yang besar untuk pelaksanaan TMMD di seluruh Indonesia.

“Melalui TMMD kami membangun dan membangkitkan kembali nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong. Semua ini guna membantu percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama di pedesaan,” jelasnya. 

(ks/int/ris/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia