Minggu, 16 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Belum Lengkap, Berkas Dua Parpol Tak Diteliti

27 Oktober 2017, 08: 19: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

MENERIMA PENDAFTARAN: KPU Pati meneliti berkas pendaftaran belum lama ini.

MENERIMA PENDAFTARAN: KPU Pati meneliti berkas pendaftaran belum lama ini. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

 KOTA – Proses penelitian berkas administrasi dokumen keanggotaan calon peserta Pemilu 2019 masih dilaksanakan KPU Pati sejak 17 Oktober-15 November nanti. Dari 16 parpol yang telah mendaftar ke KPU Pati, ada dua parpol yang kini masih belum diteliti berkasnya karena di tingkat DPP belum mendapatkan tanda terima dari KPU RI.

Komisioner KPU Pati Supriyanto menuturkan, sudah mengundang parpol yang telah menyerahkan dokumen persyaratan ke KPU Pati dan sudah menerima tanda terima pendaftaran. Ada 16 parpol yang telah mendaftar. Namun dua parpol yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Ia menambahkan, dari 73 partai yang terdaftar ke Kemenkumham dan 31 partai sudah masuk data sistem informasi partai politik (sipol). Dari 31 partai, 27 partai menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU RI. Ada 14 partai yang diterima dan diberikan tanda terima pendaftaran sedangkan 13 partai tidak mendapatkan tanda terima pendaftaran. Dari 13 partai itu termasuk PKPI dan PBB.

“Sebanyak 16 partai yang sudah mendaftar ke KPU Pati dan sudah mendapatkan tanda terima pendaftaran yakni Partai Perindo, PDI P, Nasdem, Golkar, PSI, Gerindra, Demokrat, PKS, PPP, PKB, Berkarya, Garuda, Hanura, PAN, PKPI, dan PBB. Kami sudah meneliti berkas administrasi pendaftaran selain PBB dan PKPI,” katanya.

Supri mengaku, DPP kedua partai itu masih dinyatakan belum lengkap oleh KPU RI pada saat pendaftaran. Sebab, prinsip dari pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 adalah DPP parpol ke KPU RI. Ia menambahkan, pada pendaftaran di KPU Pati, saat menyerahkan salinan bukti keanggotaan partai jumlahnya lebih dari 1000 anggota.

“Jadi kami menerima dan memberikan tanda terima pendaftaran. Oleh sebab itu pada penelitian berkas pendaftaran saat ini KPU Pati menunggu lebih lanjut salinan bukti keanggotaan PKPI dan PBB. Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU RI,” katanya kemarin.

Sejauh penelitian berkas pendaftaran ini, ada banyak dokumen yang kurang lengkap. Untuk itu KPU Pati menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pati dalam meneliti berkas parpol.

Setelah proses penelitian berkas administrasi parpol, pada 18 November hingga 1 Desember sudah memasuki tahapan untuk memperbaiki dokumen yang kurang. Lalu verifikasi faktual akan dilaksanakan Desember nanti.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia