Sabtu, 21 Jul 2018
radarkudus
icon featured
Jepara

Lima Usaha BUMD di Jepara Dinyatakan Sehat

Kamis, 24 May 2018 07:10 | editor : Panji Atmoko

SAMBUT BAIK: Bupati Jepara Ahmad Marzuqi (tiga dari kiri) menerima cenderamata dari Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi kemarin.

SAMBUT BAIK: Bupati Jepara Ahmad Marzuqi (tiga dari kiri) menerima cenderamata dari Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi kemarin. (M KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

JEPARA - Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menerima laporan kinerja keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jepara. Laporan kinerja keuangan tersebut disampaikan pada 2017 dan catur wulan pertama 2018 di Ruang Sosrokartono.

Masing-masing direksi dari lima BUMD di Kabupaten Jepara hadir. Mereka secara langsung menyampaikan laporan kepada bupati. Laporan disampaikan secara berurutan mulai Direktur PD Bank Perkreditan Rakyat Jepara Artha (Persero), PD BPR BKK, Bank Jateng, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan Perusda Aneka Usaha.

Laporan masing-masing BUMD memuaskan. Semuanya berhasil mencapai target sebagaimana yang direncanakan sebelumnya.

Terkait hal ini, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, kelima BUMD bisa dikatakan sehat. ”Hal ini harus tetap dipertahankan,” katanya.

Pihaknya berharap masing-masing BUMD perlu dipacu lagi agar lebih berkembang. Khususnya dari segi sumber daya manusia (SDM). ”Kreativitas dan inovasi harus selalu dimunculkan,” ungkapnya.

Marzuqi mencontohkan, salah satunya wisata baru yang dikelola oleh Perusda Aneka Usaha yakni Kelapa Park. ”Ini merupakan inovasi baru dan patut kami apresiasi,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Jepara Prabowo mengatakan, berdasarkan Permendagri masuk kategori cukup. Tahun ini PDAM Jepara menargetkan lima ribu sambungan melalui program sambungan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 3.500 sambungan. ”Kami juga menempati urutan ketiga sambungan MBR terbanyak di Indonesia, setelah Kabupaten Bandung dan Banyumas,” terangnya.

Hal serupa disampaikan Direktur Perusda Aneka Usaha Rifqy Rosdani. Rifqi menyampaikan, pengembangan terus dilakukan. Jika sebelumnya perusahaan tidak mempunyai profit. Saat ini profitnya sudah meningkat. Di 2018 pihaknya merencanakan berbagai bisnis. ”Mulai dari perdagangan, percetakan, jasa, agrobisnis, keuangan nonbank, ESDM, dan usaha lainnya,” paparnya.

Sebelumnya Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menerima rombongan Jawa Pos Radar Kudus di ruang kerjanya. Rombongan itu terdiri Direktur Jawa Pos Radar Kudus Baehaqi, Pemimpin Redaksi Ris Andy Kusuma, Manajer Iklan Heny Susilowati, dan Kepala Biro Jepara Zaenal Abidin bersama wartawan Femy Noviyanti dan M Khoirul Anwar.

Marzuqi mengatakan, selama ini kerja sama antara Pemkab Jepara dengan Jawa Pos Radar Kudus berjalan baik. Ke depan pihaknya berharap jalinan kerja sama akan terus berlanjut. ”Kami berharap ke depan kerja sama ini akan lebih baik,” tuturnya.

Hal serupa disampaikan Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi saat ditemui di rumah dinas. Andi mengatakan, senang dengan jalinan kerja sama yang selama ini berjalan. Melalui Jawa Pos Radar Kudus berbagai potensi Kabupaten Jepara diketahui masyarakat luas. ”Kami berterima kasih dengan kerja sama selama ini,” ujarnya. 

(ks/emy/war/zen/ris/aji/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia