alexametrics
29.4 C
Kudus
Monday, June 27, 2022

Mengenal Aplikasi Kepegawaian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

KARYAWAN adalah salah satu sumber daya perusahaan yang wajib dikelola dengan baik. Karena karyawan yang kompeten dan loyal akan menaikkan performa perusahaan. Karenanya, penanganan karyawan perlu dilakukan dengan serius melalui Human Resource Management (HRM).

Manfaat dari sistem manajemen karyawan yang baik adalah dapat menurunkan turnover karyawan, mendapatkan karyawan yang kompeten sesuai harapan perusahaan dan memberikan pelatihan atau training khusus, dan membantu menyelesaikan administrasi karyawan.

Untuk menyelesaikan administrasi karyawan, biasanya Human Resource Management mengerjakan rekapan absensi, menghitung proses perizinan cuti karyawan, dan menghitung gaji yang harus dibayarkan. Sepintas lalu pekerjaan ini nampaknya sepele, tetapi diperlukan ketelitian yang super dan tanggung jawab yang besar dalam melakukan administrasi bagi karyawan ini. Seringkali pengelola perusahaan kurang memperhatikan hal ini.


Dalam hal ini diperlukan sistem yang baik untuk menolong HRD dalam melakukan manajemen sumber daya manusia perusahaan terutama untuk mengurus administrasi karyawan. aplikasi kepegawaian adalah perangkat lunak untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan sumber daya manusia, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam bisnis yang dapat dibuat online.

Tentu saja ini akan memudahkan HRD dalam bekerja. aplikasi kepegawaian sebenarnya sangat mudah diterapkan. aplikasi kepegawaian kini tersedia dalam bentuk aplikasi kepegawaian dengan user interface yang sederhana dan berbagai fitur yang berguna.

Selain itu aplikasi sistem informasi kepegawaian ini sering digunakan oleh perusahaan untuk mendata para karyawannya. Jika ada karyawan baru yang baru masuk maka akan jauh lebih mudah dalam menginput datanya. Penyampaian informasi ini dapat langsung melalui aplikasi tersebut.

Spesifikasi di dalam aplikasi ini juga sangat canggih yaitu framework codeigniter serta dapat dikembangkan sendiri dalam menyesuaikan keperluan perusahaan tersebut. Dan ada banyak manfaat yang dirasakan apabila menggunakannya..

Proses pengunduhannya juga tidak cepat dan tidak memakan banyak waktu. Kapasitas dalam penyimpanan memori ini juga aman karena ukurannya kecil.

Berikut ini adalah bagaimana aplikasi kepegawaian dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda:

  • Sistem Penggajian Akurat

Penggajian adalah hal serius, yang dapat merefleksikan bahwa perusahaan menghargai karyawannya. Perusahaan harus berhati-hati dalam menghitung gaji karyawan, termasuk pemberian upah lembur, bonus, hingga THR agar sesuai dengan kontribusi karyawan. Penghitungan gaji yang dilakukan secara manual memakan waktu yang lama dengan akurasi yang rendah. Namun sistem penggajian memakai aplikasi kepegawaian dapat menghitung berapa kompensasi yang harus Anda bayarkan kepada setiap karyawan sesuai dengan kontribusi mereka dengan akurat.

  • Sistem Absensi yang akurat

Kehadiran karyawan bekerja adalah hal penting bagi perusahaan. Waktu yang mereka berikan untuk bekerja itulah yang membuat perkembangan perusahaan. Bisnis dapat terkendala jika karyawan sering absen dari hari kerjanya. aplikasi kepegawaian, dengan fitur absensi karyawan secara online, menutup kemungkinan karyawan untuk berbuat curang dalam hal absensi, misalnya dengan menitipkan absensi ke teman. Absensi karyawan bahkan dapat terhubung ke sistem penggajian, sehingga kompensasi yang karyawan terima akan disesuaikan dengan jumlah kehadiran karyawan tiap bulannya.

  • Memudahan Karyawan Mengakses Portal Karyawan

Karyawan Anda tidak hanya memerlukan perhitungan gaji yang akurat, tapi juga kemudahan untuk mengakses kebutuhan lain seputar haknya selama bekerja. Portal karyawan adalah fitur yang menolong karyawan bisa melihat slip gaji, mengajukan cuti dan izin, serta melihat data absensi mereka secara online. Aplikasi kepegawaian memungkinkan karyawan untuk mengakses slip gaji hingga mengajukan cuti atau izin, semuanya secara online. Karyawan tak perlu lagi sibuk mengetik surat permohonan cutinya.

  • Penyimpanan Data Personalia

Aplikasi kepegawaian memungkinkan Anda untuk menyimpan data karyawan berbasis online, mulai dari data pribadi, data karir, jatah cuti, hingga data penggajian di satu tempat secara digital. Jika HRD perlu menghitung tunjangan karyawan dan perlu tahu berapa anggota keluarganya, cukup mengakses data yang tersimpan secara online. Tidak perlu mengobrak-abrik lemari arsip dengan tumpukan kertas yang setinggi atap untuk mencari selembar kertas yang Anda perlukan.

  • Efisiensi Waktu

Karena aplikasi kepegawaian beserta kemudahannya begitu canggih menghemat waktu tim HRD yang bekerja, juga karyawan tidak perlu pusing akan hal-hal yang mereka perlukan saat bekerja.

Kesimpulannya, Human Resource Information System atau aplikasi kepegawaian memiliki peranan penting dalam kesuksesan tim HR dalam mengelola sumber daya manusia di suatu perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi manajemen untuk menemukan software aplikasi kepegawaian apa yang cocok untuk memudahkan aktivitas tim HRD.

  • Pengiinputan Data Berjalan Cepat

Adapun manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah proses penginputan data bisa berjalan dengan cepat. Bahkan tanpa adanya aplikasi maka perusahaan harus melakukan cara manual, menghemat waktu dan biaya juga masuk ke dalam salah satu manfaatnya.

Hanya dengan satu aplikasi saja maka semua proses penginputan data dan arsip perusahaan bisa dilakukan dengan cepat dan dalam waktu yang singkat. Sebagai seorang pimpinan perusahaan Anda dapat melakukan pemantauan kepada para karyawan.

Anda juga bisa mengetahui mana pegawai yang sering datang terlambat dan mana yang tidak. Selain itu terdapat juga fitur tambahan seperti gaji yang akan mempermudah proses pembayaran setiap bulan. Setiap ada data yang dibutuhkan maka akan langsung manfaatkan menu pencarian untuk mencarinya.

Baca Juga :  Warna Natural, Cocok Dipadukan dengan Baju Apapun

Mengenal Fitur Aplikasi Kepegawaian dan Kegunaanya

Setelah mengetahui apa-apa saja manfaat apabila menggunakan aplikasi sistem informasi kepegawaian, maka berikutnya adalah mengenal fitur dan kegunaanya adalah sebagai berikut :

  1. Dashboard, menu ini dapat digunakan untuk menampilkan gambaran secara umum dari aplikasi tersebut dan Anda bisa memanfaatkannya agar bisa menambahkan informasi singkat dari perusahaan.
  2. Profil, jika ingin menambahkan profil perusahaan seperti visi dan misi, maka program yang diadakan dan alamat lengkap serta nomor kontak.
  3. Data karyawan lama dan baru semuanya dapat diinput lewat menu ini. Jika anda membuka menu data karyawan maka muncul semua informasi mengenai data pegawai.
  4. Input data, jika ada data atau dokumen baru maka silahkan input menggunakan fitur ini, akan tetapi sebelum disimpan harus mengisi formulir terlebih dahulu.
  5. Arsip dokumen ini merancang fitur arsip agar dokumen-dokumen penting bisa tersimpan dengan rapi. Tidak ada yang akan bisa mengetahui isi berkas tersebut. Hal ini hanya bisa dibuka oleh pimpinan perusahaan dan admin saja.
  6. Perizinan dan cuti, apabila ada karyawan yang ingin cuti atau izin maka gunakanlah menu perizinan dan cuti, maka akan terlihat batas cuti dan perizinan dari setiap karyawan.
  7. Penggajian karyawan adalah untuk mempermudah proses pemberian upah kepada setiap karyawan. Anda dapat mengecek karyawan mana yang sudah menerima gaji dan mana yang belum. Proses pemberiannya juga berlangsung daring jadi lebih simpel dan mudah.
  8. Laporan bulanan, dengan adanya menu ini maka akan mempermudah proses membuat laporan. Cukup dengan membuka file laporannya kemudian langsung dicetak.
  9. Presensi ini berguna untuk membantu Anda sebagai pimpinan untuk mengontrol kedisiplinan dari setiap pegawai. Contohnya setiap karyawan yang baru datang langsung mengisi presensi.
  10. Berkas pegawai ini berfungsi untuk menyimpan berkas-berkas dari karyawan baru. Dan letak fitur berkas pegawai ini terletak di urutan paling bawah.

Tips Memilih Aplikasi Kepegawaian

1. Manajemen waktu dan kehadiran

Bukan jamannya lagi di mana Anda mencatat kehadiran karyawan Anda dengan kertas atau spreadsheet. Selain menyulitkan staf HR Anda saat melakukan pendataan, cara ini juga rentan dengan kecurangan. Bisa jadi karyawan yang tidak masuk menitipkan absen kepada rekannya dengan cara meniru tAnda tangannya.

Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi kepegawaian yang memiliki kemampuan untuk mencatat kehadiran menggunakan sistem kehadiran biometrik atau scan sidik jari. Bukan hanya mampu meminimalisir kecurangan, namun fitur ini akan memudahkan staf HR dalam mendata kehadiran karyawan. Dengan cara ini, perhitungan gaji dan cuti juga akan menjadi lebih mudah.

2. Manajemen penggajian

Adalah fitur yang paling dicari saat sebuah perusahaan ingin menggunakan aplikasi kepegawaian. Buat perusahaan dengan ribuan karyawan seperti manufaktur, retail atau grosir, kehadiran aplikasi kepegawaian adalah hal yang krusial. Software HRM ini akan memudahkan staf HR untuk mengelola upah, tunjangan, sampai pembayaran pajak yang unik di masing-masing perusahaan.

Dengan bantuan aplikasi kepegawaian software, kesalahan penghitungan gaji bisa ditekan seminimal mungkin. Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan pun akan meningkat dan loyalitas kepada perusahaan pun akan bertambah. Selain itu, aplikasi kepegawaian akan memudahkan Anda menyimpan data-data penting seperti slip gaji karena semua datanya tersimpan secara online.

3. Manajemen pajak dan asuransi

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara sah di Departemen Tenaga Kerja, maka sudah semestinyalah perusahaan Anda memenuhi kewajibannya, khususnya membayar pajak penghasilan dan asuransi karyawan atau BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Bayangkan seperti apa repotnya jika setiap bulannya Anda harus menghitung ratusan pembayaran pajak penghasilan dan BPJS secara manual.

Aplikasi kepegawaian akan menghindari Anda dari kerepotan seperti ini. Semua perhitungan pajak dan asuransi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sistem akan secara otomatis memotong gaji karyawan sesuai dengan ketentuan pemerintah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

4. Pengelolaan klaim dan reimbursement

Dari waktu ke waktu, perusahaan harus mengeluarkan biaya klaim dan reimbursement yang diajukan oleh karyawan. Biaya ini bisa datang dari ongkos perjalanan dinas yang dilakukan karyawan, hingga pembelian barang yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan karyawan tersebut.

Aplikasi kepegawaian yang baik haruslah memberikan kemudahan bagi karyawan untuk mengajukan klaim, bukan yang justru menyulitkan mereka. Dari sisi manajemen atau departemen HR, software HRM haruslah memudahkan dalam hal persetujuan atau approval. Gunakan sistem yang hanya memerlukan beberapa klik saja untuk memberikan persetujuan pada klaim dan reimbursement dari karyawan.

5. Laporan yang komprehensif

Seperti yang sudah disinggung di awal, tugas departemen HR adalah meningkatkan kinerja karyawan. Lalu, bagaimana caranya staf Anda mengetahui seberapa jauh peningkatan yang sudah dialami karyawan tanpa laporan yang lengkap mengenainya?

Maka dari itu, fitur laporan dari aplikasi kepegawaian tak boleh ketinggalan untuk hadir di software pilihan Anda. Pastikan aplikasi pilihan Anda memiliki fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan Anda untuk memantau perkembangan dari masing-masing karyawan setiap bulannya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang diperoleh dari adanya aplikasi sistem informasi untuk pegawai beserta fungsinya. Proses pendataan nya juga akan semakin mudah dengan adanya aplikasi sistem informasi kepegawaian. Semoga bermanfaat. (adv)

KARYAWAN adalah salah satu sumber daya perusahaan yang wajib dikelola dengan baik. Karena karyawan yang kompeten dan loyal akan menaikkan performa perusahaan. Karenanya, penanganan karyawan perlu dilakukan dengan serius melalui Human Resource Management (HRM).

Manfaat dari sistem manajemen karyawan yang baik adalah dapat menurunkan turnover karyawan, mendapatkan karyawan yang kompeten sesuai harapan perusahaan dan memberikan pelatihan atau training khusus, dan membantu menyelesaikan administrasi karyawan.

Untuk menyelesaikan administrasi karyawan, biasanya Human Resource Management mengerjakan rekapan absensi, menghitung proses perizinan cuti karyawan, dan menghitung gaji yang harus dibayarkan. Sepintas lalu pekerjaan ini nampaknya sepele, tetapi diperlukan ketelitian yang super dan tanggung jawab yang besar dalam melakukan administrasi bagi karyawan ini. Seringkali pengelola perusahaan kurang memperhatikan hal ini.

Dalam hal ini diperlukan sistem yang baik untuk menolong HRD dalam melakukan manajemen sumber daya manusia perusahaan terutama untuk mengurus administrasi karyawan. aplikasi kepegawaian adalah perangkat lunak untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan sumber daya manusia, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam bisnis yang dapat dibuat online.

Tentu saja ini akan memudahkan HRD dalam bekerja. aplikasi kepegawaian sebenarnya sangat mudah diterapkan. aplikasi kepegawaian kini tersedia dalam bentuk aplikasi kepegawaian dengan user interface yang sederhana dan berbagai fitur yang berguna.

Selain itu aplikasi sistem informasi kepegawaian ini sering digunakan oleh perusahaan untuk mendata para karyawannya. Jika ada karyawan baru yang baru masuk maka akan jauh lebih mudah dalam menginput datanya. Penyampaian informasi ini dapat langsung melalui aplikasi tersebut.

Spesifikasi di dalam aplikasi ini juga sangat canggih yaitu framework codeigniter serta dapat dikembangkan sendiri dalam menyesuaikan keperluan perusahaan tersebut. Dan ada banyak manfaat yang dirasakan apabila menggunakannya..

Proses pengunduhannya juga tidak cepat dan tidak memakan banyak waktu. Kapasitas dalam penyimpanan memori ini juga aman karena ukurannya kecil.

Berikut ini adalah bagaimana aplikasi kepegawaian dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda:

  • Sistem Penggajian Akurat

Penggajian adalah hal serius, yang dapat merefleksikan bahwa perusahaan menghargai karyawannya. Perusahaan harus berhati-hati dalam menghitung gaji karyawan, termasuk pemberian upah lembur, bonus, hingga THR agar sesuai dengan kontribusi karyawan. Penghitungan gaji yang dilakukan secara manual memakan waktu yang lama dengan akurasi yang rendah. Namun sistem penggajian memakai aplikasi kepegawaian dapat menghitung berapa kompensasi yang harus Anda bayarkan kepada setiap karyawan sesuai dengan kontribusi mereka dengan akurat.

  • Sistem Absensi yang akurat

Kehadiran karyawan bekerja adalah hal penting bagi perusahaan. Waktu yang mereka berikan untuk bekerja itulah yang membuat perkembangan perusahaan. Bisnis dapat terkendala jika karyawan sering absen dari hari kerjanya. aplikasi kepegawaian, dengan fitur absensi karyawan secara online, menutup kemungkinan karyawan untuk berbuat curang dalam hal absensi, misalnya dengan menitipkan absensi ke teman. Absensi karyawan bahkan dapat terhubung ke sistem penggajian, sehingga kompensasi yang karyawan terima akan disesuaikan dengan jumlah kehadiran karyawan tiap bulannya.

  • Memudahan Karyawan Mengakses Portal Karyawan

Karyawan Anda tidak hanya memerlukan perhitungan gaji yang akurat, tapi juga kemudahan untuk mengakses kebutuhan lain seputar haknya selama bekerja. Portal karyawan adalah fitur yang menolong karyawan bisa melihat slip gaji, mengajukan cuti dan izin, serta melihat data absensi mereka secara online. Aplikasi kepegawaian memungkinkan karyawan untuk mengakses slip gaji hingga mengajukan cuti atau izin, semuanya secara online. Karyawan tak perlu lagi sibuk mengetik surat permohonan cutinya.

  • Penyimpanan Data Personalia

Aplikasi kepegawaian memungkinkan Anda untuk menyimpan data karyawan berbasis online, mulai dari data pribadi, data karir, jatah cuti, hingga data penggajian di satu tempat secara digital. Jika HRD perlu menghitung tunjangan karyawan dan perlu tahu berapa anggota keluarganya, cukup mengakses data yang tersimpan secara online. Tidak perlu mengobrak-abrik lemari arsip dengan tumpukan kertas yang setinggi atap untuk mencari selembar kertas yang Anda perlukan.

  • Efisiensi Waktu

Karena aplikasi kepegawaian beserta kemudahannya begitu canggih menghemat waktu tim HRD yang bekerja, juga karyawan tidak perlu pusing akan hal-hal yang mereka perlukan saat bekerja.

Kesimpulannya, Human Resource Information System atau aplikasi kepegawaian memiliki peranan penting dalam kesuksesan tim HR dalam mengelola sumber daya manusia di suatu perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi manajemen untuk menemukan software aplikasi kepegawaian apa yang cocok untuk memudahkan aktivitas tim HRD.

  • Pengiinputan Data Berjalan Cepat

Adapun manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah proses penginputan data bisa berjalan dengan cepat. Bahkan tanpa adanya aplikasi maka perusahaan harus melakukan cara manual, menghemat waktu dan biaya juga masuk ke dalam salah satu manfaatnya.

Hanya dengan satu aplikasi saja maka semua proses penginputan data dan arsip perusahaan bisa dilakukan dengan cepat dan dalam waktu yang singkat. Sebagai seorang pimpinan perusahaan Anda dapat melakukan pemantauan kepada para karyawan.

Anda juga bisa mengetahui mana pegawai yang sering datang terlambat dan mana yang tidak. Selain itu terdapat juga fitur tambahan seperti gaji yang akan mempermudah proses pembayaran setiap bulan. Setiap ada data yang dibutuhkan maka akan langsung manfaatkan menu pencarian untuk mencarinya.

Baca Juga :  Selain Enak dan Juga Bikin Rileks

Mengenal Fitur Aplikasi Kepegawaian dan Kegunaanya

Setelah mengetahui apa-apa saja manfaat apabila menggunakan aplikasi sistem informasi kepegawaian, maka berikutnya adalah mengenal fitur dan kegunaanya adalah sebagai berikut :

  1. Dashboard, menu ini dapat digunakan untuk menampilkan gambaran secara umum dari aplikasi tersebut dan Anda bisa memanfaatkannya agar bisa menambahkan informasi singkat dari perusahaan.
  2. Profil, jika ingin menambahkan profil perusahaan seperti visi dan misi, maka program yang diadakan dan alamat lengkap serta nomor kontak.
  3. Data karyawan lama dan baru semuanya dapat diinput lewat menu ini. Jika anda membuka menu data karyawan maka muncul semua informasi mengenai data pegawai.
  4. Input data, jika ada data atau dokumen baru maka silahkan input menggunakan fitur ini, akan tetapi sebelum disimpan harus mengisi formulir terlebih dahulu.
  5. Arsip dokumen ini merancang fitur arsip agar dokumen-dokumen penting bisa tersimpan dengan rapi. Tidak ada yang akan bisa mengetahui isi berkas tersebut. Hal ini hanya bisa dibuka oleh pimpinan perusahaan dan admin saja.
  6. Perizinan dan cuti, apabila ada karyawan yang ingin cuti atau izin maka gunakanlah menu perizinan dan cuti, maka akan terlihat batas cuti dan perizinan dari setiap karyawan.
  7. Penggajian karyawan adalah untuk mempermudah proses pemberian upah kepada setiap karyawan. Anda dapat mengecek karyawan mana yang sudah menerima gaji dan mana yang belum. Proses pemberiannya juga berlangsung daring jadi lebih simpel dan mudah.
  8. Laporan bulanan, dengan adanya menu ini maka akan mempermudah proses membuat laporan. Cukup dengan membuka file laporannya kemudian langsung dicetak.
  9. Presensi ini berguna untuk membantu Anda sebagai pimpinan untuk mengontrol kedisiplinan dari setiap pegawai. Contohnya setiap karyawan yang baru datang langsung mengisi presensi.
  10. Berkas pegawai ini berfungsi untuk menyimpan berkas-berkas dari karyawan baru. Dan letak fitur berkas pegawai ini terletak di urutan paling bawah.

Tips Memilih Aplikasi Kepegawaian

1. Manajemen waktu dan kehadiran

Bukan jamannya lagi di mana Anda mencatat kehadiran karyawan Anda dengan kertas atau spreadsheet. Selain menyulitkan staf HR Anda saat melakukan pendataan, cara ini juga rentan dengan kecurangan. Bisa jadi karyawan yang tidak masuk menitipkan absen kepada rekannya dengan cara meniru tAnda tangannya.

Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi kepegawaian yang memiliki kemampuan untuk mencatat kehadiran menggunakan sistem kehadiran biometrik atau scan sidik jari. Bukan hanya mampu meminimalisir kecurangan, namun fitur ini akan memudahkan staf HR dalam mendata kehadiran karyawan. Dengan cara ini, perhitungan gaji dan cuti juga akan menjadi lebih mudah.

2. Manajemen penggajian

Adalah fitur yang paling dicari saat sebuah perusahaan ingin menggunakan aplikasi kepegawaian. Buat perusahaan dengan ribuan karyawan seperti manufaktur, retail atau grosir, kehadiran aplikasi kepegawaian adalah hal yang krusial. Software HRM ini akan memudahkan staf HR untuk mengelola upah, tunjangan, sampai pembayaran pajak yang unik di masing-masing perusahaan.

Dengan bantuan aplikasi kepegawaian software, kesalahan penghitungan gaji bisa ditekan seminimal mungkin. Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan pun akan meningkat dan loyalitas kepada perusahaan pun akan bertambah. Selain itu, aplikasi kepegawaian akan memudahkan Anda menyimpan data-data penting seperti slip gaji karena semua datanya tersimpan secara online.

3. Manajemen pajak dan asuransi

Sebagai perusahaan yang terdaftar secara sah di Departemen Tenaga Kerja, maka sudah semestinyalah perusahaan Anda memenuhi kewajibannya, khususnya membayar pajak penghasilan dan asuransi karyawan atau BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Bayangkan seperti apa repotnya jika setiap bulannya Anda harus menghitung ratusan pembayaran pajak penghasilan dan BPJS secara manual.

Aplikasi kepegawaian akan menghindari Anda dari kerepotan seperti ini. Semua perhitungan pajak dan asuransi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sistem akan secara otomatis memotong gaji karyawan sesuai dengan ketentuan pemerintah untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

4. Pengelolaan klaim dan reimbursement

Dari waktu ke waktu, perusahaan harus mengeluarkan biaya klaim dan reimbursement yang diajukan oleh karyawan. Biaya ini bisa datang dari ongkos perjalanan dinas yang dilakukan karyawan, hingga pembelian barang yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan karyawan tersebut.

Aplikasi kepegawaian yang baik haruslah memberikan kemudahan bagi karyawan untuk mengajukan klaim, bukan yang justru menyulitkan mereka. Dari sisi manajemen atau departemen HR, software HRM haruslah memudahkan dalam hal persetujuan atau approval. Gunakan sistem yang hanya memerlukan beberapa klik saja untuk memberikan persetujuan pada klaim dan reimbursement dari karyawan.

5. Laporan yang komprehensif

Seperti yang sudah disinggung di awal, tugas departemen HR adalah meningkatkan kinerja karyawan. Lalu, bagaimana caranya staf Anda mengetahui seberapa jauh peningkatan yang sudah dialami karyawan tanpa laporan yang lengkap mengenainya?

Maka dari itu, fitur laporan dari aplikasi kepegawaian tak boleh ketinggalan untuk hadir di software pilihan Anda. Pastikan aplikasi pilihan Anda memiliki fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan Anda untuk memantau perkembangan dari masing-masing karyawan setiap bulannya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang diperoleh dari adanya aplikasi sistem informasi untuk pegawai beserta fungsinya. Proses pendataan nya juga akan semakin mudah dengan adanya aplikasi sistem informasi kepegawaian. Semoga bermanfaat. (adv)

Most Read

Artikel Terbaru

/