Selasa, 23 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Sportainment

Seleksi Gala Siswa Indonesia Diramaikan 14 Tim Bola

13 April 2019, 13: 26: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

SIAP BERKOMPETISI: Kompetisi GSI Pati di dibuka Disdikbud Pati di Stadion Joyokusumo kemarin.

SIAP BERKOMPETISI: Kompetisi GSI Pati di dibuka Disdikbud Pati di Stadion Joyokusumo kemarin. (DOK DISDIKBUD PATI FOR RADAR KUDUS)

KOTA – Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat kabupaten mulai digelar kemarin hingga Senin (15/4) nanti. Sebanyak 14 tim siswa mengikuti pertandingan tersebut di Stadion Joyokusumo untuk diseleksi di tingkat provinsi hingga nasional.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Sariyono melalui Kasi SMP Sugiharto menuturkan, kompetisi gala siswa sepak bola Pati dimulai kemarin. Ada 14 tim sepak bola muda Pati yang mengikuti seleksi itu. Nantinya setelah diseleksi, dari tim pemandu bakat akan memilih siswa mana yang layak maju ke tingkat selanjutnya.

“Meski mendapatkan juara, namun tak otomatis lolos di seleksi berikutnya. Ada tim pemandu bakat dari kabupaten mempunyai kriteria tersendiri mana yang layak maju ke tingkat provinsi. Tim itu benar-benar mengamati setiap detil siswa yang ikut seleksi GSI di Pati,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Tim pemandu bakat akan menyeleksi setiap tim yang memiliki anggota yang mumpuni. Menurutnya, GSI itu program dari Kemendikbud untuk mencari bibit-bibit muda yang unggul di dunia persepakbolaan. Seleksinya mulai dari tingkat bawah kabupaten hingga nasional. Yang lolos hingga nasional berarti sudah sesuai seleksi ketat.

“Ini supaya bibit-bibit muda sepak bola terus tumbuh makanya harus ada pembinaan sejak dini. Pemerintah ingin mendapatkan pemain-pemain sepak bola potensial di Indonesia di masa yang akan datang” jelasnya.

Ia menambahkan, di Bumi Mina Tani banyak bibit muda sepak bola yang potensional. Olahraga itu cukup digemari kalangan muda hingga dewasa. Pemkab sangat mendukung GSI karena bisa meningkatkan bakat siswa di bidang tersebut.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia