Selasa, 23 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Features
Melihat Pemanfaatan Ambulans Sahabat Lestari

Pemudah Warga yang Check Up ke RS Kariadi Semarang

11 April 2019, 08: 43: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

BERMANFAAT: Darul Sofyan manfaatkan ambulans Sahabat Lestari untuk kontrol patah tulang kaki yang dideritanya ke RS Kariadi Semarang baru-baru ini.

BERMANFAAT: Darul Sofyan manfaatkan ambulans Sahabat Lestari untuk kontrol patah tulang kaki yang dideritanya ke RS Kariadi Semarang baru-baru ini. (SAHABAT LESTARI FOR RADAR KUDUS)

Sebelum menjadi calon legislatif RI nomor urut 1 Partai Nasdem, Lestari Moerdijat aktif di kegiatan sosial. Cita-citanya mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan sejahtera. Bentuk kepeduliannya itu salah satunya diimplementasikan dengan penyediaan ambulans gratis di Demak, Kudus, dan Jepara. Juga ada pemeriksaan kesehatan rutin gratis.

M. KHOIRUL ANWAR, Jepara

 KAKI Darul Sofyan, 29, bagian kanan diperban. Jalannya pincang. Dia berjalan dari dalam rumahnya di RT 3/RW 2, Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, dibantu tim Sahabat Lestari. Di depan rumah sudah terparkir mobil ambulans Sahabat Lestari yang mengantarkannya chek up ke RS Kariadi Semarang baru-baru ini.

Darul mengalami patah tulang kaki bagian kanan. Untuk kontrol ia harus pergi ke RS Kariadi Semarang. Setiap kontrol, dia memanfaatkan mobil ambulans Sahabat Lestari. Terhitung sudah dua kali ambulans itu memfasilitasi Darul ketika berobat.

Menurutnya, ketersediaan alat transportasi yang aman dan layak merupakan hal penting ketika hendak berobat ke pusat layanan kesehatan yang lebih lengkap dan lokasinya jauh dari tempat tinggalnya. Persoalan itulah yang dijawab oleh Komunitas Sahabat Lestari. Yakni dengan menyediakan ambulans guna melayani warga Demak, Jepara, dan Kudus. Bagi yang membutuhkan angkutan medis untuk menuju pusat layanan kesehatan, seperti rumah sakit bisa memanfaatkan ambulans itu.

”Sangat terbantu dengan adanya ambulans Sahabat Lestari. Jarak yang jauh dan ketersediaan kendaraan yang minim menjadi kendala ketika berobat. Tapi, sekarang ada ambulans Sahabat Lestari yang sangat membantu,” kata Darul bersyukur.

Layanan ambulans tersebut, diinisiasi Lestari Moerdijat, pembina Sahabat Lestari. Layanan tersebut sudah tersedia sejak tahun lalu. Sudah banyak dimanfaatkan warga. Mulai berobat, kontrol kesehatan, maupun untuk layanan kesehatan lain.

”Masalah ketersediaan sarana penunjang kesehatan warga di pedesaan masih terbatas. Kami hadirkan ambulans untuk membantu warga yang sulit mendapatkan layanan itu,” tutur Lestari Moerdijat yang juga calon legislatif (caleg) DPR RI Dapil Jateng 2 nomor urut 1 dari Partai Nasdem ini.

Untuk memberikan kemudahan akses dalam kesehatan, Korwil Nasdem Jateng-DIJ meluncurkan tiga ambulans Sahabat Lestari.

”Meski ambulans masih sedikit, namun diharapkan dapat mendekatkan jarak. Paling tidak mengajak masyarakat untuk melakukan check up. Secara khusus, kepada ibu-ibu saya mengajak cek gejala kanker payudara sebagai upaya preventif," ujar caleg yang karib disapa Mbak Rerie ini.

Ia menyatakan, kemudahan akses pada pelayanan kesehatan bakal menciptakan bangsa yang kuat. Mbak Rerie mengaku dirinya menjadi contoh yang tidak baik, akibat kelalaiannya. Ia terlambat mengetahui menderita kanker pada 2016 lalu. ”Alhamdulillah saya diberi kesembuhan dan kesempatan untuk ikut menjaga kesehatan perempuan yang paling utama," katanya.

Melalui Sahabat Lestari, pihaknya sudah melakukan layanan kesehatan secara gratis selama satu tahun di berbagai lokasi di Demak, Kudus, dan Jepara. Selain penyediaan armada ambulans gratis, juga ada bantuan bibit tanaman buah, pengobatan gratis, hingga pelatihan produk usaha kecil dan menengah bagi ibu-ibu. Ada pula pelatihan kecantikan di Kabupaten Jepara.

”Saya ingin perempuan di Indonesia menjadi penyangga utama keluarga, membantu suami. Karena bangsa ini kuat tergantung kualitas keluarga. Perempuan ikut mencerdaskan anak sebagai persiapan di masa depan. Tentu ditunjang dengan kesehatan yang baik,” imbuhnya. (*)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia