Rabu, 24 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Bupati Sudah Kantongi Tiga Nama Calon Sekda Jepara, Ini Kriterianya

23 Maret 2019, 12: 55: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

Bupati Sudah Kantongi Tiga Nama Calon Sekda Jepara, Ini Kriterianya

KOTA – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi sudah kantongi tiga nama calon sekda. Tiga nama tersebut diserahkan oleh tim panitia seleksi pekan lalu. Satu dari tiga peserta akan dipilih bupati sebagai Sekda Jepara. Syaratnya, mampu menerjemahkan visi dan misinya dalam bentuk program kerja yang realistis.

Marzuqi mengakatakan, jabatan sekda harus bisa mengontrol semua perangkat daerah. Meski bupati dan wakil bupati sebagai pimpinan daerah, sekda sebagai tangan panjangnya. Oleh karena itu, ia tidak sembarangan menentukan sekda.

“Harus paham apa tugasnya. Sekda bisa terjemahkan visi dan misi pimpinan daerah atau tidak. Dituangkan dalam bentuk program kerja di setiap perangkat daerah,” katanya.

Berbagai tahapan seleksi akan menjadi pertimbangannya dalam menetukan sekda. Kemampuan dan rekam jejak calon sekda bisa dilihat selama pelaksanaan seleksi. Mulai administrasi, uji kompetensi, dan uji gagasan/makalah serta wawancara.

Setelah disampaikan  ke bupati, hasil tersebut dikoordinasikan pansel kepada Gubernur Jawa Tengah hingga 5 April mendatang. Tidak berhenti di situ, koordinasi juga dilakukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara. Pansel diberi waktu 21–29 April mendatang untuk penetapan dan persiapan pelantikan. “Akhir April diagendakan pelantikan. Karena Mei Sekda Jepara Sholih memasuki purna tugas,” jalasnya.

Calon Sekda Jepara telah dipilih tim panitia seleksi  untuk direkomendasikan kepada Jepara Ahmad Marzuqi. Dari lima pendaftar, dua peserta dinyatakan belum memenuhi syarat. Hanya ada tiga pejabat yang diajukan ke bupati.

Pejabat yang tidak lolos di antaranya, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, Trisno Santosa dan Kepala Dinas Perhubungan Jepara, Deni Hendarko. Sedangkan tiga pejabat yang direkomendasikan ke bupati adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara, Diyar Susanto, Asisten III, Edy Sujatmiko, dan Inspektur Jepara, Akhmad Junaidi. 

(ks/war/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia