Sabtu, 20 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Tahun Depan Sungai Juwana Dinormalisasi Penuh

20 Maret 2019, 14: 29: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

Tahun Depan Sungai Juwana Dinormalisasi Penuh

KOTA – Rombongan Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pati kemarin. Kunjungan itu dalam rangka melihat masalah infrastruktur dan transportasi. Salah satu yang menonjol adalah soal normalisasi Sungai Juwana, yang mana tahun ini sudah digelontorkan anggaran sebesar Rp 40 miliar untuk normalisasi di bagian muaranya. Dan ditargetkan tahun depan bisa dinormalisasi penuh.

Hal itu diungkapkan langsung oleh ketua rombongan kunjungan kerja, Anton Sukartono, anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat. ”Kalau yang tahun ini sudah fix itu untuk di wilayah muaranya dulu. Rp 40 miliar anggarannya. Bulan depan lelang dan langsung bisa dikerjakan. Namun kami juga menargetkan 2020 nanti bisa dilakukan normalisasi penuh artinya keseluruhan sungai. Nanti akan bertahap juga,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Kudus usai berdialog dengan jajaran Pemkab Pati dan juga perwakilan warga yang terdampak.

Kunjungan ini, lanjut Anton, menandakan ada kepedulian pihaknya mengenai permasalahan yang dihadapi Kabupaten Pati setiap tahunnya. Yaitu akibat pendangkalan sungai yang berdampak pada permasalahan banjir dan tergenangnya ribuan hektare lahan pertanian.

Total ada 7500 hektare lahan pertanian yang selalu terendam tiap tahunnya. Tidak hanya sehari dua hari. Tetapi sampai berbulan-bulan. Kurang lebih ada 36 desa sepanjang Sungai Juwana yang selalu terdampak hal itu.

Sementara itu, Bupati Haryanto mengaku senang, Komisi V DPR RI telah merespon positif keluhan yang telah lama disuarakannya. Seperti diketahui, bupati mengaku telah berulang kali bersurat baik kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maupun Presiden Republik Indonesia untuk menangani permasalahan sungai tersebut. Sebab sungai itu merupakan wewenang pusat.

”Ini tentu respon yang sangat baik. Apalagi normalisasi ini merupakan kebutuhan. Bukan hanya keinginan saja. Syukur nanti perubahan 2019 juga dianggarkan lagi. Atau paling tidak tahun 2020 sudah bisa dilakukan normalisasi secara penuh,” paparnya.

Seperti diketahui, untuk melakukan normalisasi secara penuh itu dibutuhkan setidaknya dana segar Rp 1,2 triliun. Normalisasi secara penuh itu dilakukan sepanjang aliran sungai sekitar 60 kilometer. Sedangkan normalisasi yang telah dipastikan akan dikerjakan tahun ini yaitu dimulai di wilayah muara. Atau di sebelah utara jembatan Juwana sampai ke muara. Sepanjang 5 kilometer. 

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia