Sabtu, 20 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Cegah Dampak Negatif Internet Bagi Siswa

20 Maret 2019, 12: 57: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

Dwi Marwati, S.Pd.; Guru Mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  SMP 2 Mejobo Kudus

Dwi Marwati, S.Pd.; Guru Mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP 2 Mejobo Kudus (dok pribadi)

INTERNET menjadi kebutuhan dalam kehidupan sosial. Penggunaan internet dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif. Semua itu tergantung masing-masing individu.

Fungsi internet dalam media komunikasi sangat banyak. Setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Juga dapat melakukan sharing beragam hal di internet. Di antaranya melalui world wide web (www), email, newsgroup, ftp, dan media sosial. Para pengguna internet di seluruh dunia bisa saling bertukar informasi dengan cepat, praktis, dan murah.

Dari berbagai dampak positif, ada beberapa pengguna menggunakan dampak negatif. Dampak negatif tersebut antara lain, kecanduan internet, sikap individualis, pornografi, perjudian, penipuan, penculikan, hacking, pencurian data, dan violence and gore.

Ketika sudah kecanduan internet, maka seseorang bisa lupa dengan lingkungan sekitar. Mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk bersosialisasi di media sosial.

Hal demikian terjadi juga pada siswa. Jika dibanding dengan waktu belajar, anak yang kecanduan internet cenderung lebih asyik dengan dunia maya.

Hal ini tentu membuat waktu terbuang begitu saja. Bagaimana tidak?

Contoh lain, anak balita saja sudah sering menggunakan aplikasi game dan Youtube. Sungguh sangat ironis anak bebas mengoperasikan Youtube tanpa pendampingan orang tua.

Upaya untuk meminimalkan dampak negatif penggunaan internet, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya menumbuhkan minat baca. Kenapa demikian? Menurut Cole (1963) mengartikan minat membaca merupakan karakteristik tetap dari proses pembelajaran sepanjang hayat (life long learning) yang berkontribusi pada perkembangan, seperti memecahkan persoalan, memahami karakter orang lain, menimbulkan rasa aman, hubungan interpersonal yang baik serta penghargaan yang bertambah terhadap aktivitas keseharian.

Menumbuhkan minat baca buku juga akan berdampak pada meningkatnya hubungan sosial. Di mana mereka lebih dapat mengenal karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial masyarakat. Membaca juga akan menambah rasa empati pada seseorang. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami perasaan orang lain. Dengan demikian, maka dapat meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang di sekitar kita.

Peran orang tua ketika anak menggunakan media internet sangat penting. Adapun hal yang dapat dilakukan orang tua antara lain: dampingi anak dalam penggunaan internet. Batasi waktu penggunaan internet. Gunakan internet seperlunya. Bekali anak dengan ilmu agama. Dan ajarkan anak bersikap sopan dan santun dalam berinternet. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia