Selasa, 23 Apr 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Tak Takut Cedera

19 Maret 2019, 10: 15: 16 WIB | editor : Ali Mustofa

Rita Septiana Tri Astuti

Rita Septiana Tri Astuti (DOK PRIBADI.)

HOBI olahraga basket dan modelling dimiliki Rita Septiana Tri Astuti. Meski sangat berbeda karakter, hal itu tak menjadi masalah. Malah hobinya itu bisa berjalan beriringan.

”Kedua hobi itu saya mulai geluti sejak kelas VII SMP. Kebetulan saat itu aktif ikut kegiatan di sekolah. Mulai dari ekstrakurikuler basket hingga drumband. Terlebih saya menjadi mayoret karena memiliki postur tubuh tinggi,” katanya.

Sedangkan hobi basketnya itu kali pertama dimiliki Tata –sapaan akrabnya- ini karena rasa iseng dan penasaran dengan olahraga tersebut. Hobinya itu berlanjut hingga ia duduk di bangku SMA pada 2017.

”Lomba kali pertama ikut saat SMP. Saya sempat ikut lomba tingkat Jateng tapi kalah. Terus, saat SMA sekitar 2017 saya ikut lagi dan mendapat juara II di tingkat Jateng. Tahun lalu saya bersama tim berhasil menyabet juara I di tingkat Jateng,” paparnya.

Baginya, berbagai pengalaman unik didapat melalui basket. Gadis kelahiran Grobogan 22 September 2000 ini mengaku, bangga bisa mendapatkan banyak prestasi melalui hobinya itu.

”Paling bangga saat saya bisa masuk tim di Kabupaten Grobogan ini. Saya menjadi salah satu tim inti yang mewakili Grobogan di tingkat Porprov tahun lalu di Surakarta,” bangganya.

Meski berbagai prestasi diraih melalui basket, siswa SMAN 1 Purwodadi ini kerap mengalami cedera. Baginya, cedera menjadi makanan bulanan. Tata pernah cedera di lokasi bermain. Saat kelas X SMA, ia pun harus off basket selama sebulan.

”Dislokasi itu letaknya di kaki kanan saya. Sakitnya luar biasa. Namun hal itu tidak mengurangi rasa cinta saya terhadap basket,” katanya.

Meski kerap mengalami cedera, runner-up Mbak Grobogan ini tak pernah melewatkan latihan basket. Meski keesokkan harinya mendekati ujian, ia pun tetap aktif. Meski begitu, Tata pandai dalam membagi waktu. Sehingga hobinya ini tak mengganggu belajarnya yang menjadi kewajibannya.

(ks/int/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia