Kamis, 21 Mar 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Terkesan Manggung Bersama Artis

14 Maret 2019, 08: 27: 39 WIB | editor : Ali Mustofa

Garin Ria Sukmawati

Garin Ria Sukmawati (DOK.PRIBADI)

DARA bernama lengkap Garin Ria Sukmawati menekuni saxophone mengambil mata kuliah semester empat di kampusnya. Saat itu setiap mahasiswa diwajibkan memilih alat musik. Dirinya mengambil kelas alat musik tiup, saxophone.

Saxophone dipilihnya lantaran sering mendengar beragam lagu instrumental yang dimainkan dengan alat musik saxophone. Menurutnya, saxophone terbilang memiliki suara khas sehingga dirinya tertarik untuk mempelajarinya. ”Bagiku saxophone memiliki suara yang sweet dan romantis,” jelasnya.

Penggemar Kaori Kobayashi ini mengaku, ingin mendalami saxophone karena alat musik ini jarang dimainkan orang pada umumnya. Sehingga dirinya dapat menjadi pusat perhatian kala memainkan alat musik tiup ini. Terutama saat memainkannya di hadapan anak-anak kecil, mayoritas ingin tahu sehingga menonton dari dekat.

Disinggung soal sulit atau tidaknya memainkan alat musik ini, Garin menjawab lumayan. ”Dulu awal pertama kali tiup saxophone terbilang berat dan sering gak keluar nadanya,” jelasnya.

Kini, hobi bermusik membawanya dari satu panggung ke panggung. Dara lulusan seni musik Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini sering mengisi acara wedding di Kudus, Jepara, dan Semarang. Tak berhenti di situ, dirinya juga pernah ikut manggung bareng band indie ke Pati, Sragen, Temanggung, dan Magelang. Solo job juga pernah diikutinya.

Pengalaman unik saat manggung di acara wedding pernah dialaminya. Saat itu dirinya pernah salah memainkan nada saxophone. ”Pernah juga sih salah main saxophone. Biasanya kalau nggak tahu lagunya, biasanya lagu-lagu daerah luar Jawa,” ujarnya sambil tertawa.

Apa yang dilakukannya saat ini tak lepas dari dukungan orang tuanya. Sebab, jurusan mata kuliah yang diambilnya juga tidak lepas dari dunia musik. Bahkan, manggung bareng artis kenamaan juga pernah dialaminya. Mulai dari featuring bareng musisi Youtube Nufi Wardhana hingga mengiringi Citra Scholastika saat manggung di Griptha Hotel Kudus.

Mengisi acara di kafe-kafe juga dilakoninya hingga saat ini. Dari hasil ngejob itu pula, Garin dapat upgrade perlengkapan saxophone miliknya. Dara 25 tahun ini rencananya terus menekuni dunia musik berdampingan dengan alat musik saxophone.

”Harapannya ya bisa jadi saxophonist profesional. Berkiprah di ibukota dengan saxophone ini terus,” harapnya. (vga)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia