Kamis, 21 Mar 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Harijanto Arbi Gelar Operasi Katarak Gratis bagi Warga di Jepara

Selain Warga Kota Ukir Juga Bisa Ikut

13 Maret 2019, 10: 55: 49 WIB | editor : Ali Mustofa

BERI SEMANGAT: Harijanto Arbi, memberi motivasi kepada lansia usai mengikuti operasi katarak beberapa waktu lalu.

BERI SEMANGAT: Harijanto Arbi, memberi motivasi kepada lansia usai mengikuti operasi katarak beberapa waktu lalu. (TIM HARIJANTO ARBI FOR RADAR KUDUS)

JEPARA – Setelah menggelar operasi katarak di Kudus, Harijanto Arbi kembali menggelar kegiatan serupa di Jepara. Meski digelar di Kota Ukir, warga dari Kudus dan Demak juga boleh ikut. Progam Bakti Harijanto Arbi Berbakti Untuk Negeri itu mengutamakan penderita katarak dari warga kurang mampu.

Operasi Katarak Gratis Bakti Harijanto Arbi di Jepara ini hasil kerja sama dengan PT Sido Muncul, Tolak Angin, RS Graha Husada dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami). Kegiatan sosial itu akan digelar Sabtu (30/3) mendatang. Lokasinya di RS Graha Husada, Jalan MH Thamrin No 14, Panggang, Jepara.

”Kudus, Jepara dan Demak adalah tempat saya lahir dan dibesarkan. Saya  ingin berbuat sesuatu untuk banyak orang terlebih di tiga kabupaten itu. Operasi katarak, operasi bibir sumbing, ini hanya langkah awal. Semoga ke depan saya bisa membawa manfaat lebih besar lagi,” kata Harijanto Arbi.

Meski digelar di Jepara, layanan ini juga bisa diakses oleh lansia maupun warga kurang mampu dari kabupaten Demak, Kudus, maupun daerah lainnya. Yang terpenting calon pasien memenuhi berbagai syarat yang ditentukan.

Mulai dari fotokopi KTP dan KK, tidak hipertensi, tak punya riwayat penyakit jantung, tidak menderita asma atau batuk kronik, serta usia minimal 40 tahun. Dan pasien juga harus menyertakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari pihak berwenang.

”SKTM boleh diganti dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau yang sejenis. Intinya pasien harus berasal dari kalangan kurang mampu, karena itu prioritas,” jelas Harijanto Arbi.

Pendaftaran Operasi Katarak Gratis Bakti Harijanto Arbi ini dibuka hingga Jumat (22/3) mendatang. Sebelum operasi, calon pasien akan dilakukan screening oleh tim dokter yang ditunjuk Perdami. Proses tersebut untuk memastikan layak tidaknya pasien tersebut dioperasi katarak.

”Pendaftaran bisa menghubungi 085647114607 (Lana - tim Posko Harijanto Arbi) atau 085336644400 (Erwin - RS Graha Husada),” timpalnya.

Legenda bulu tangkis Indonesia ini berharap, operasi katarak gratis itu bisa membantu banyak lansia. Karena, banyak lansia yang mengalami gangguan penglihatan. Mereka tak bisa melihat wajah anak cucunya. ”Ada juga yang tak bisa menghadiri pengajian bahkan tak mampu lagi membaca huruf dan ayat kitab suci karena serangan katarak,” harap Harijanto Arbi.

Seperti pengalaman Fathonah, perempuan berusia 65 yang telah mengikuti operasi katarak gratis. Usai dioperasi, penglihatannya kembali normal. Lansia warga Kudus ini juga sudah bisa kembali membaca Alquran di usia senjanya.

”Sebuah kebahagiaan besar bagi saya jika bisa menghadirkan senyum cerah di wajah kakek nenek dari kalangan kurang mampu,” tandas pemilik Smash 100 Watt ini. (lia)

(ks/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia