Kamis, 21 Mar 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Gara-gara Ini KPU Hapus Tiga Nama Caleg dari Daftar Calon Tetap

06 Maret 2019, 13: 42: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

DIHAPUS: Komisioner KPU Rembang, Zaenal Arifin menunjukkan contoh surat suara dengan caleg dari PDI P yang telah dihapus, kemarin.

DIHAPUS: Komisioner KPU Rembang, Zaenal Arifin menunjukkan contoh surat suara dengan caleg dari PDI P yang telah dihapus, kemarin. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

KOTA – KPU Rembang menghapus setidaknya tiga caleg yang akan mengikuti Pemilu 2019 pada 17 April mendatang. Ketiganya yakni Ediyanto (PDI P) dan Benny Wijaya (Golkar) karena meninggal, dan Siti Durrotun Nasihah (Demokrat) dikarenakan mengundurkan diri dari partai.

Ketua KPU Rembang M. Ika Iqbal Fahmi mengungkapkan, sebelum mencantumkan para caleg tersebut ke dalam caleg TMS (tidak memenuhi syarat), pihaknya akan lebih dulu mengundang partai. Kemudian, KPU Rembang akan menerbitkan SK peng-TMS-an para caleg tersebut.

”Prosesnya, partai yang bersangkutan diundang untuk klarifikasi. Kemudian kita terbitkan SK perubahan DCT (daftar calon tetap) dengan men-TMS-kan,” paparnya kemarin.

Meski sudah ditetapkan TMS, namun gambar ketiga caleg tersebut akan tetap berada di surat suara, kecuali Ediyanto. Sebab yang bersangkutan telah meninggal pada September lalu setelah ditetapkan DCT dan belum masuk proses percetakan surat suara.

Iqbal menambahkan, meski masih ada nama caleg, namun di TPS masing-masing daerah pemilihan (dapil) para caleg tersebut akan diberi pengumuman pada hari pemilihan. Sebab, suaranya akan dihitung untuk untuk parpol, bukan caleg yang bersangkutan. 

”Suara bagi mereka yang ditetapkan TMS tapi sudah di surat suara masuk parpol,” terangnya.

Sementara itu, terkait caleg PPP yang sedang menjalani proses hukum karena tambang ilegal, Syafaatun, KPU Rembang belum akan menerbitkan SK TMS. Pihaknya saat ini sedang mengirim surat ke pengadilan, untuk meminta keterangan status hukum caleg yang bersangkutan.

”Kalau sudah incrach, nanti jadi TMS juga. Tidak ada batas waktunya. Selama masih bisa kita proses, akan diproses untuk di-TMS-kan,” paparnya.  

Untuk diketahui, Edianto caleg PDIP berada di dapil 1 (Kecamatan Kota) no. urut 2. Sementara, Benny Wijaya merupakan caleg Golkar dapil 5 (Kecamatan Pamotan-Sale) nomor urut 2. Terakhir, Siti Durrotun Nasihah asal Partai Demokrat merupakan caleg, dapil 6 atau untuk wilayah Kecamatan Bulu, Sulang, dan Gunem.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia