Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Gandeng Investor, PDAM Grobogan Produksi Air Minum Kemasan

09 Februari 2019, 11: 49: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

UNIT USAHA BARU: Lokasi IPA PDAM Grobogan di Jalan MH Thamrin yang akan menjadi tempat produksi air minum dalam kemasan.

UNIT USAHA BARU: Lokasi IPA PDAM Grobogan di Jalan MH Thamrin yang akan menjadi tempat produksi air minum dalam kemasan. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

GROBOGAN – Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang dibuat oleh PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan direncanakan akan beroperasi mulai Agustus 2019. Hal itu, setelah perizinan dan kerja sama antara PDAM dengan PT Parama Pawiraka Nusantara telah selesai.

Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulonggono mengungkapkan, perizinan dan kesepakatan lainnya selesai pada bulan ini. Pembuatan usaha air minum dalam kemasan itu bekerja sama dengan perusahaan asal Jakarta.

”Untuk perizinan dan kesepakatan lainnya selesai pada Februari ini. Diperkirakan nantinya akan bisa beroperasi pada Agustus,” katanya.

PT Parama Pawiraka Nusantara yang menjadi mitra PDAM, akan membiayai investasi pembuatan usaha air minum tersebut. Setelah mencapai Break Even Point (BEP) dalam waktu sekitar tujuh tahun, aset usahanya akan diserahkan ke PDAM.

”Selama tujuh tahun tersebut, PDAM akan mendapat pembagian keuntungan sekitar 10 persen. Produksinya per hari bisa capai 20 ribu liter dan bisa ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara untuk produksinya sendiri akan ditempatkan di kompleks Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM di Jalan MH Thamrin. Dengan adanya unit usaha baru itu, harapannya bisa mengurangi beban tenaga kerja PDAM.  Bambang menjamin, unit usaha tersebut tidak akan mengganggu suplai air untuk kebutuhan pelanggan PDAM.

”Pihak investor akan membeli bahan baku untuk pembuatanya. Kemudian karyawan yang dipekerjakan sekitar 50 orang dari PDAM sendiri,” tandasnya.

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia