Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Server E-KTP Kembali Normal, Pemohon Meningkat Dua Kali Lipat

07 Februari 2019, 11: 47: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

SIAP CETAK: Seorang petugas menunjukkan pencetakan e-KTP yang dapat diambil langsung pemohon di kantor Dindukcapil Rembang, kemarin.

SIAP CETAK: Seorang petugas menunjukkan pencetakan e-KTP yang dapat diambil langsung pemohon di kantor Dindukcapil Rembang, kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

KOTA – Setelah hampir sepekan server e-KTP mengalami kerusakan. Kemarin akhirnya server di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang normal kembali. Pulihnya server ini, disambut antusias para pemohon KTP hingga perekaman dan pencatatan mengalami kenaikan hingga dua kali lipat.

Laporan yang diterima Dindukcapil Rembang, hari normal 200 pemohon. Namun hari ini mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Kini tidak hanya server yang sudah kembali diajak ngebut. Kebetulan untuk stok blangko cukup memadai. Status blangko yang ada saat ini sekitar 8.000 blangko.

Estimasi ini dapat bertahan beberapa pekan ke depan. Belum lagi ada info tambahan lagi dari pusat, sehingga pemohon dapat memanfaatkan. Jika sebelumnya hanya menerima suket, untuk dapat ditukar dan di cetak.

Kepala Dindukcapil Rembang, Daenuri mengamini hari Rabu pelayanan e-KTP telah normal. Bahkan pemohon sudah mulai antre sejak pukul 07.00. Angkanya lebih dari 400 pemohon.”Semua akan kami layani sampai habis. Kami punya blangko sekitar 8.000,” ujarnya.

Setidaknya sehari pihaknya mampu keluarkan sampai 1.000-1.200 blangko. Artinya kalau dapat maksimal mampu sampai delapan hari. Bahkan, dalam waktu dekat Dindukcapil Rembang bakal mendapatkan tambahan lagi.

Untuk suket sendiri jumlahnya mencapai 21 ribu. Sementara pelayanan e-KTP ditargetkan dua pekan ke depan sampai 40 ribu orang. Karena KTP tidak akan berhenti, sebab setiap hari umur 17 selalu muncul. Jadi setiap hari ada yang mengurus.

”Benar setiap hari ada yang mengurus. Mulai yang muncul umurnya 17, pindah KTP, RT/RW/Desa maupun cerai/nikah,” imbuhnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia