Minggu, 24 Feb 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Iseng Bikin Grafis Jadi Bisnis

31 Januari 2019, 07: 35: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

Laelana Rukhul Nur Faizah

Laelana Rukhul Nur Faizah (Dok. Pribadi)

MESKI lulusan pendidikan fisika, Laelana Rukhul Nur Faizah ternyata memiliki hobi desain grafis. Hobinya tersebut, ia jadikan sebagai bisnis jasa desain grafis.

Perempuan kelahiran Jepara, 20 Agustus 1996 ini, menceritakan, dia memulai bisnis jasa grafis dari ketidaksengajaan. Awal masuk kuliah pada Agustus 2004 ia ulang tahun. Ada teman dekat yang memberikan kado berupa pop-up frame berbentuk wajah. ”Dari situ muncul ide untuk membuat karya-karya seperti itu (pop-up frame). Tapi, saya sebelumnya memang suka menggambar,” tuturnya.

Alumni Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini, kemudian iseng menggambar saudaranya yang ulang tahun. Ia membuatkan gambar jenis ilustrasi. Ternyata mendapat respon positif. Setelah dipromosikan di media sosial mulai dari Instagram dan fanspage, pesanan mulai berdatangan.

”Pelanggan tidak bosan. Saya juga mengembangkan mozaik foto, sketsa wajah, karikatur, pop-up frame, dan custom pillot,” kata gadis yang beralamat di Jalan RMP Sosrokartono, RT 34/RW 6, Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Jepara, ini.

Di awal usahanya, anak keempat dari lima bersaudara ini, pernah mengalami kerugian. Ia mengaku salah strategi saat penjualan ke luar kota. Waktu itu, ada pesanan dari Bandung. Ada pemesan karikatur seharga Rp 250 ribu. Sedangkan ongkos kirimnya Rp 100 ribu. Tanpa perhitungan, ia kirim ke alamat pemesan. Ketika pemesan mengetahui besarnya harga karena tambahan ongkos kirim, barang yang sudah diterima tidak dibayar.

”Sejak saat itu saya menerima pemesanan dalam bentuk soft copy. Itu untuk menghindari kejadian serupa. Pembeli juga harus transfer dulu baru kami kirim,” tuturnya.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia