Sabtu, 19 Jan 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Penerapan E-Retribusi di Pasar Kliwon Ditarget Bulan Ini Terealisasi 

10 Januari 2019, 08: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

SEGERA TEREALISASI: Kartu E-Retribusi untuk pedagang Pasar Kliwon sudah dibagikan, dan siap dilaksanakan.

SEGERA TEREALISASI: Kartu E-Retribusi untuk pedagang Pasar Kliwon sudah dibagikan, dan siap dilaksanakan. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

KOTA – Penerapan E-Retribusi di Pasar Kliwon segera terwujud. Dinas Perdagangan, sudah melakukan pendistribusian kartu kepada pedagang. Ditargetkan bulan ini bisa terealisasi.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kasi Pendapatan, Ketertiban dan Kebersihan Pasar Moch Kaden menambahkan, saat ini semua kartu e-Retribusi untuk pedagang Pasar Kliwon sudah didistribusikan.

Adapun kartu yang dibagikan sekitar 2.000 lebih sesuai jumlah pedagang. Sedangkan kartu retribusi secara elektronik yang disiapkan oleh Bank Jateng mencapai 3.000 keping.

Kaden menambahkan, untuk pelaksana di lapangan, sudah siap merealisasikan kebijakan e-Retribusi. Untuk itu sebelum dilaksanakan, ada petugas administrasi khusus yang mengurusi hal ini. Terutama terkait pedagang yang sudah membayar atau belum. Selain itu, laporan transaksinya juga bisa diketahui setiap periode tertentu.

”Pembayaran model e-Retribusi, cukup mudah karena para pedagang nantinya hanya mengisi saldo pada kartu retribusi. Teknis pembayarannya, petugas akan mendatangi kios masing-masing pedagang dengan membawa alat mesin electronic data capture (EDC) yang saat ini sudah tersedia,” ujarnya.

Kaden menjelaskan, pedagang cukup menempelkan kartu e-Retribusi pada alat khusus. Kemudian muncul saldo yang akan dipotong sesuai jumlah retribusi yang harus dibayarkan. Besarnya retribusi yang akan dibayar sesuai dengan luas kios yang digunakan untuk berjualan.

Adapun target retribusi untuk Pasar Kliwon setahun mencapai Rp10,74 miliar. Sementara, jumlah ruko sebanyak 35 ruko, kios sebanyak 536 kios, kemudian los berjumlah 2.229 los, sedangkan pelataran bisa menampung 43 lapak pedagang.

Sementara itu, Direktur Bank Jateng Cabang Kudus Heri Supriyanto, optimistis bulan ini pembayaran retribusi secara elektronik di Pasar Kliwon bisa dimulai. Sekarang ini sedang berkoordinasi dengan Bank Jateng Pusat terkait hal tersebut.

”Koordinasi menyangkut kesiapan sistem pembayaran secara elektroniknya. Dalam waktu dekat sudah bisa dimulai, dan kartu sudah siap dibagikan kepada pedagang,” jelasnya. Dia mengimbau, pelaksanaannya, pedagang harus memastikan saldo pada kartu mencukupi untuk melakukan pembayaran.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia